Hello MDaemon-L List Member,

On  Thu,  29  Nov  2001  at 12:40:30 GMT +0700 "Mukhtar"=[M] typed the
following :

> 1.  Maksud  saya  dibandingkan  dengan versi 3.5.8 terus terang kami
> menggunakan  versi  ini, jadi ada rencan untuk upgrade ke versi yang
> baru.

Susah  juga kalau ditinjau dari situ, mungkin lebih mudah jika dibalik
:  "Anda  punya  situasi tertentu, atau perlu melakukan sesuatu yg tdk
dapat  dilakukan  di  MDamon 3.x, mungkin saja hal itu bisa atau lebih
mudah dilakukan di MDaemon 5.x.

Coba Anda lihat release note di :
http://download.dutaint.co.id/mdaemon/relnotes.txt

> 2.  Jika  kami  menggunakan  outlook  2000  sebagai mail client maka
> dengan  adanya  pasilitas  public  folder  apakah  kami  bisa  share
> calendar, contact, dll.
> Jika bisa pasti kami mau upgrade ke versi baru ini.

Calendar belum ada di versi 5.0.x, baru ada di MDaemon 5.5 beta (versi
beta  terakhir  adalah  5.5c), juga Groupware. Dalam praktek groupware
ini memanfaatkan IMAP Protocol, Filtering, Scheduling.

Sebenarnya,  saat  awal  banyak yg menginginkan MS Outlook sbg default
untuk  Workflow/Groupware,  krn  pada  dasarnya  MS  Outlook (bukan yg
Express  lho) memang dilengkapi dg fasilitas PIM (Personal Information
Manager)  spt  Calendering,  Form dll. Akan tetapi hal tsb menimbulkan
resiko,  menggingat  banyak  bagian  dari Outlook yg tdk standard, shg
akhirnya  disepakati bahwa WordClientlah yg akan menjadi Default Email
Client  jika  Anda  ingin melakukan fungsi-2x Groupware.

(feeling  saya  sih, hampir 80% lebih fungsi calendering ini akan bisa
dimanfaatkan  oleh  Outlook  2000,  krn  saat awal justru Arvel mrpkan
pendukung utk itu, kebetulan saja saat itu saya bisa menemukan kata-2x
yg "pas", shg spt sekaranglah yg berlaku <G>).

Fungsi  Groupware  (Calendering  dll)  ini  nantinya hanya akan ada di
Versi  Pro,  awalnya memang terlihat sederhana jika kita hanya running
single  domain  akan  tetapi  ternyata menjadi rumit jika MDaemon kita
running   multiple   domain,  apalagi  jika  banyak  remote  users  yg
menggunakan  Time  Zone  berbeda  (misalkan  saja  menyesuaikan  waktu
Appointment) :-)

> Terus  terang kami menggunakan system yang sangat sederhana dan dari
> pada  kami  beli  MS  Exchange  dan  server  baru  lebih  baik  kami
> manfaatkan yang sudah ada maklum kami bukan perusahaan profit.

NGO, EDU kan pricenya berbeda :-)
Sebaiknya  sih  bukan hal itu yg jadi acuan, melainkan "gunakanlah apa
yg Anda benar-2x perlu lakukan" :-)

- Syafril -                             mailto:<[EMAIL PROTECTED]>

Saya menggunakan MDaemon 5.5 beta c di W2K SP2
--
Arsip        : <http://mdaemon-l.dutaint.com>