On  Tue,  26  Mar  2002 at 13:55 GMT +0700 "Alex Tanzil"=[AT] wrote to
[EMAIL PROTECTED] :

> Terima  kasih atas tanggapannya pak Syafril, sekarang ini saya sudah
> agak berhasil mengkonfigurasi mdaemon-nya :-))

Bagus.

> Tapi  lebih  gampang  yah mensetting dgn MultiPOP daripada harus dgn
> menggunakan  Domain  POP  karena  kita  harus mempoolkan semua email
> dalam  1 mail add, yg bisa mengakibatkan seluruh mail tidak terkirim
> atau  diterima  kalau  ada  satu  user yg mengirim /menerima mail yg
> ukurannya besar

> kalo gitu ada tidak solusinya yah ??

Ada, di DomainPOPCollection menu ada settingnya utk download according
size,  artinya  message  yg  ukurannya  kecil akan didownload terlebih
dulu,  yg ukurannya lbh besar menyusul. Dg demikian message size besar
tdk   akan  "mengganggu"  message  berukuran  kecil  (yg  mungkin  lbh
penting).

Kita juga bisa menset batasan message size yg boleh di download, kalau
ternyata sizenya melebihi dari yg ditentukan, maka MDaemon akan "skip"
dan  leave  message-2x  tsb  di  server  plus  adanya pemberitahuan ke
postmaster  bhw  ada  message  yg  sizenya  melebihi  ketentuan (nanti
postmaster  bisa  menggunakan fasilitas Remote Mail dari E-mail client
untuk check, apakah perlu di download atau delete on server).

Message yg masuk melalui DomainPOP akan melalui system Filter (Content
Filter),   sementara  MultiPOP  tidak  melewati  system  filter.  Ini
keuntungan yg lain.

Ada  satu  keuntungan  lain  dg  menggunakan  DomainPOP  ini yg jarang
diketahui orang, y.i. jika kebetulan Mail Hosting services kita sangat
expert,  maka  dia  bisa  mengkonfigurasi  multiple  address in single
message, jika menerima message semacam itu dari MTA lain.

Sbg contoh :

Ada  lebih  dari  satu  user  kita  yg  subscribe mailing list yg sama
(katakanlah  [EMAIL PROTECTED] dan [EMAIL PROTECTED]), dan kebetulan
List  Server yg digunakan menggunakan trick multiple address in single
message. Normalnya, message ini akan di split setibanya di Mail Server
hosting,  shg user [EMAIL PROTECTED] dan [EMAIL PROTECTED] masing-2x
menerima 1 copy message dari mailing list tsb.

Jika kebetulan mail hosting service kita expert enough dan menggunakan
trick  yg  sama  (trick  ini dikenal dg nama connection caching), maka
message tsb hanya akan ada 1 (satu) saja akan tetapi memiliki multiple
address,   y.i.  utk  [EMAIL PROTECTED]  dan  [EMAIL PROTECTED]  Dg
demikian saat MDaemon kita download mail dari DomainPOP Spool mailbox,
hanya  akan  download  single  message, nanti stl di "parsing" barulah
akan di split menjadi 2, satu utk a dan yg lain utk b.

Anda  lihat, betapa efisien jika hal ini dapat dilakukan, apalagi jika
Mailing  List  tsb high traffic dan sering mail sizenya besar (tinggal
hitung-2x an matematika sederhana deh) :-)

Syafril
=======
Syafril Hermansyah<[EMAIL PROTECTED]>