Sorry kalau saya abru baca masalh ini, tapi saya tertarik dengan yang di
utarakan pak bambang, maka dari itu saya ada beberapa pertanyaan...

Apakah cukup pada mesin DNS dijalankan round robin agar bisa bind
beberapa ip, Mdaemon server sudah bisa berjalan redundent dan load
balancing, ataukah ada konfih=gurasi tambahan pada Mdaemon server-nya ?

Hi William IT Dan Pemakai MDaemon,

Merespon email anda ttg " [mdaemon-l] Backup Emailserver "

> kok DNS, khan MDaemon bisa diakses tanpa DNS, langsung pake IP-nya
saja.
> di lan internal saya tidak pake DNS.

Sorry yg saya tangkep dari pertanyaa anda begini. Jika salah forget it
my respon.

Memang  pakai  IP  bisa  dan  jalan tetapi misalnya anda punya address
untuk  send mail dengan host seperti ini: smtp.yourdomain.co.id dan di
binding ke ip 192.168.0.1, untuk user tidak perlu ingat IP bagi mereka
ingat smtp.yourdomain.co.id jauh lebih baik.

Suatu  saat jika IP 192.168.0.1 gagal maka smtp.yourdomain.co.id pasti
tidak  jalan dong, dengan trik round robin anda tidak hanya punya satu
IP untuk mesin smtp, bisa 2 atau lebih, jika satu gagal maka yg lainya
akan  take  over.  Contoh  untuk  smtp.yourdomain.co.id  anda  bisa di
binding ke 3 IP dengan ip 192.168.0.2 dan 192.168.0.3 dan di mesin itu
anda pasang MDaemon.

--

Arsip        : <http://mdaemon-l.dutaint.com>
Moderator    : <mailto:[EMAIL PROTECTED]>
Henti Langgan: <mailto:[EMAIL PROTECTED]>
Berlangganan : <mailto:[EMAIL PROTECTED]>
Latest Vers. : 6.0.7

Kirim email ke