On Wed, 22 Jan 2003 18:35:46 +0800 Y4nUaR (Y) wrote:

> apakah memang dg penambahan legal disclaimers di seluruh outgoing,
> berarti juga mengurangi pertanggungjawaban perusahaan yg berkenaan
> dengan komentar individual user di imelnya ???

Itu aspek hukum, Amerika/Eropa sangat peka soal beginian; kalau
Indonesia dan banyak negara Asia/Afrika mah cuek :-)
Biasanya mrk konsultasi dulu dg lawyer mereka mengenai text yg tertulis.

> saya pikir terlalu **naif** jika ada yg kirim hal-hal rahasia, atau
> sangat penting lewat e-mail  ;)

Kalau rahasia dan penting, caranya tdk pakai disclaimer macam itu,
melainkan menggunakan encryption tools macam PGP/GPG. Rahasia atau
tidaknya content adalah urusan client dg client makanya tools
encrypt/decrypt dilakukan di level client; kalau maunya level corporate
(mis. antar cabang) ya pakai secure channel.

Syafril Hermansyah<syafril[at]dutaint.co.id>

MDaemon-L Moderators, menggunakan MDaemon 6.7 beta GM1 under W2K

Moderator      : <mailto:[EMAIL PROTECTED]>
Versi Terakhir : 6.5.2