dear all..

saya ingin bertanya dan maaf kalo udah pernah..
di kantor saya menggunakan dial up ISP cbn dan dapet satu account email
kemudian di kantor saya sharing lagi ke banyak user di LAN saya.
saya menggunakan mdaemon 6.7.9 sebagai mail server saya, sudah sebulan ini
mail server saya banyak sekali mendapat junkmail, setiap datang lima menit
muncul ratusan email junk mail, saya sudah membuat ruleset pada junk mail
tersebut, namun ruleset tersebut tidak berpengaruh karena banyak email
sampah yang datang lagi dengan account yang berbeda.

saya pikir mungkin user kami ada yang subscribe ke junkmail tersebut, atau
saya berpikir mail server kami open relay, tapi kayaknya nggak yah soalnya
kan smtp server kami pake smtp.cbn.net.id ??

saya pikir mungkin caranya mengatasinya adalah dengan menghapus account bersangkutan
yang sering terkena junkmail misal [EMAIL PROTECTED] a.com, tapi saya pikir kembali
kayaknya
ngga mungkin soalnya alamat email tersebut sudah diketahui banyak orang dan sudah
digunakan dalam proses bisnis..

gimana yah caranya untuk mengatasi kondisi seperti ini, saya bingung nih
mohon pencerahan rekan rekan sekalian ??
soalnya masa dalam sehari saya musti menghapus ratusan email
dalam queue nya mdaemon.

regards

adi

Versi Terakhir : MD 6.8.4, LD 2.1.0, WA 2.0.5, MDAV 2.2.0, MDGW 1.0.4

Kirim email ke