On Fri, 12 Sep 2003 11:26:07 +0700
"Virgani Dhirgacahya" <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Sorry cuman comments, dulu saya juga pernah melempar issue seperti ini
> juga(ya p'Syafril ?) .. juga saya perhatikan rekan2 lainnya banyak yg
> melempar issue yang berhubungan dengan winsock error + timeout.

Issue Anda lain, saat itu kondisi Internet normal, hanya server Anda
sendiri yg mengalami problem itu, kalau sekarang hampir semua orang,
tidak harus yg menggunakan MDaemon sekalipun mengalaminya.

> Yang dulu saya lakukan adalah menghubungi pihak telkom untuk mengecek
> kualitas line telphone saya (dgn hasil bagus) kontak CBN Bogor sampe
> Jakarta dengan hasil bagus juga .. walaupun hasilnya di sisi saya
> masih belum bagus juga.

Kalau orang Telkom ngecheck dan bilang bagus, umumnya hanya ngecheck
voice dan voltage saja (defaultnya 48 volt dg toleransi sekitar 10%),
tdk jaminan bahwa koneksi internet akan bagus.
Di rumah, orang Telkomnya baik hati, Kepala STO sendiri yg langsung
datang ke rumah, bawa notebooknya dan melakukan uji coba koneksi
Internet, dan dia bilang akan diganti line trunc nya (pokoknya nomor
telepon tidak diubah akan tp jalur telepon saya ke STO diubah, mungkin
semacam VLAN diatur ulang kalau di Jaringan), dampaknya koneksi berubah
drastis dari cuma dapat 21.6 Kbps menjadi 51KBps.

> Lalu iseng2 memperbesar nilai timeout di MDaemon & Wingate saya +
> melakukan limit terhadap outgoing e-mail. Rasanya sih menolong, walau
> ada perasaan bahwa ini bukan solusi yang benar .... oh ya dulu masalah
> saya berhubungan dengan SMTP khususnya u/ e-mail2 besar ...

Dari sudut aplikasi memang hanya perbesar time out yg bisa dilakukan,
lainnya bergantung dari O/S dan kualitas jaringan/koneksi.

> MULTIPOP tetap berjalan mulus walau e-mail nya gede2 .. juga kegiatan
> browsing.

Coba lalukan direct delivery langsung dari Email client ke MX host
tujuan, hasilnya bagaimana ?

Ingat bahwa koneksi dial up adalah asynchronous, kecepatan upload
berbeda dg kecepatan download (ADSL pun demikian), demikian pula umumnya
bandwidth koneksi ISP-2x nasional kita ke Internet Backbone, download
speed lebih cepat daripada upload speed. Kalau Anda set SMTP out session
terlalu besar padahal bandwidth terbatas, adalah wajar saja koneksi
"merayap" dan akan sering time out, apalagi saat sekarang dimana koneksi
internet tidak normal.

MDaemon-L Moderators, menggunakan MDaemon 6.9.0R beta A under W3K

Versi Terakhir : MD 6.8.4, LD 2.1.0, WA 2.0.5, MDAV 2.2.1, MDGW 1.0.4

Kirim email ke