On Tue, 4 Oct 2005 10:27:39 +0800
donny arinto wrote:

> adakah yang pernah alami domain mailnya dipakai orang lain,..

Sering, itu adalah salah satu trick spammer.

> ini serangan  apa ya, virus / hacker  yang saya alami, ada client saya yang
> ikut suatu milis dan salah satu  anggotanya pakai alamat email dengan domain
> milik saya padahal dia nggak ke daftar dalam list user email saya, dari
> headernya sih bisa kelihatan pengirim aslinya
>
> gimana ya cara ngeblok mereka atau lapor kesiapa ?

Teknik spam macam ini disebut email fraud, counternya ya menggunakan antifraud
(dan anti phising) system. Di internet ada 3 teknik yg paling terkenal : SPF
(Sender Policy Framework), DK (Domain Keys) dan DKIM (Domain Keys Identified
Mail) yg ke-tiga-2x nya disupport oleh MDaemon.
Teknik DK dan DKIM membutuhkan setting tambahan baik di MDaemon maupun di
DNS server, sementara SPF hanya perlu tambahan setting di DNS server saja.
Anda bisa minta bantuan ISP Anda (dimana DNS domain Anda dikelola) utk
mengaktifkan SPF atau DK/DKIM.

Kalau Anda masih pakai MDaemon versi kuno, bisa aktifkan ipshielding cuma
dampaknya ya hanya mdaemon Anda saja tdk terima mail fraud macam itu sementara
mta lain yg tdk bisa. Pada dasarnya SPF adalah Ipshielding yg di broadcast
around the world agar mta lain bisa verify validity sender domain.

BTW. Listserver ini sdh mengaktifkan SPF dan DK/DKIM sejak lama, coba check mail
header yg berasal dari milis ini.

MDaemon-L Moderators, menggunakan MDaemon 8.2.0 beta B under W2K3

Versi Terakhir : MD 8.1.3, LD 2.1.0, WA 3.1.6, MDAV 2.2.9, MDOC 2.0.4

Kirim email ke