On Sunday 15 October 2006 01:48, Syafril Hermansyah wrote:
 [ ... ]
> Untuk direct incoming mail melalui SMTP server, problematiknya
> justru bukan bagaimana menangkal spam krn ini soal mudah (tinggal
> aktifkan semua reverse lookup menu), justru masalahnya adalah
> bagaimana meminimailisasi False Postive (salah duga) krn kita
> menghadapi dunia internet yg tidak ideal.

Saya berikan sedikit tips mengenai bagaimana saat awal mengaktifkan
antispam (spam assassin).
Saat awal ini adalah saat-2x kritis dimana banyak terjadi false
positive (salah duga) terhadap mail yg masuk yg akan memunculkan
banyak complaint dari user Anda khususnya terhadap mail-2x yg di
tag ***SPAM*** padahal berasal dari legitimate sender.

1. Masukkan semua sender domain yg sering berkorespondensi dg user
Anda kedalam White_list_from table.
2. Set heuristic spam score di angka yg moderate (misalkan 10.0
-12.0), sementara smtp rejection di set lebih tinggi sedikit
(misalkan 12.5 atau 14.5; bedakan sedikitnya 2.5 point).
3. feed up ham (non-spam) bayesian learning dg message-2x lama yg
ada di email client Anda.
4. feed up spam bayesian learning dg spam message (kalau Anda
menggunakan original license tentunya mendapatkan CD dari Duta
Integrasi dimana salah satu isinya, dibawah folder options,
contoh-2x spam message hasil koleksi kami dan atas bantuan teman-2x
member milis [EMAIL PROTECTED]).
5. Aktifkan whitelist auto.
6. Aktifkan antispam update scheduller.
7. Aktifkan Bayesian Automatic Learning.
8. Ajarkan kepada user-2x Anda bagaimana cara untuk report bayesian
learning baik utk spam maupun ham [1].
9. Jika false postive result terhadap legitimate mail yg direject
oleh spam assassin makin sedikit atau nihil, turunkan heuristic
spam score baik utk tagging maupun smtp rejection, lakukan hal ini
secara periodic s/d heuristic score terkecil yg masih mungkin
diberikan. Jangan lupa untuk menurunkan juga score untuk automatic
bayesian learning.
10. Kalau Anda bisa mendapatkan angka spam accepted dibawah 4 persen
atau kurang, mestinya user-2x Anda tdk akan pernah complaint lagi
soal spam (kalau masih complaint juga, mending minta dia sewa
sekretaris untuk memilah mailnya secara manual <g>).

Selamat sahur dan semoga beruntung.

[1] sementara user belum terbiasa, Anda bisa buatkan content filter
untuk mencopy semua mail yg di tag spam ke account Anda, shg
nantinya Anda bisa bantu user utk feeding spam/ham mail ke bayesian
learning system atau aktifkan mail archival jika user-2x Anda
menggunakan pop email client yg tidak memiliki fasilitas "forward
as attachment" yg definitif diperlukan untuk spam/ham reporting.

Running MDaemon 9.5.0 Beta GM1  under W2K3

Versi Terakhir : MD 9.0.7, LD 2.1.0, WA 3.2.6, MDAV 2.2.9, MDOC 2.1.2

Kirim email ke