On Thursday 25 January 2007 17:09, Henry Kuswanto - Office wrote:
> Saya ingin bertanya lagi untuk setting SPF , DK&DKIM (sending) ,
> DK&DKIM (verifying) yang seharusnya bagaimana ?. Di MD saya
> kelihatannya maish default yaitu semua tidak "check mark".

Satu persatu ya, mulai dari SPF.

SPF (Send Policy Framework) dan DKIM (Domain Keys Identified Mail)
adalah tools antifraud (antispoof), digunakan orang utk mencegah
orang lain yg tidak berhak utk kirim mail ke internet menggunakan
domain milik mereka.
SPF menspesifikasi host (mail server) mana yg saja yg berhak/valid
utk kirim mail tuk domain tertentu.
Informasi mengenai host yg berhak kirim mail utk domain tertentu
(SPF) di publish di DNS.

Anda bisa check SPF record suatu domain dari url ini
: http://www.kitterman.com/spf/validate.html
atau menggunakan command tools

$ nslookup -q=txt dutaint.com
Server:         192.168.1.1
Address:        192.168.1.1#53

Non-authoritative answer:
dutaint.com     text = "v=spf1 a mx ip4:203.130.233.6
ip4:203.130.233.9 ~all"

data diatas artinya dutaint.com menggunakan SPF versi 1, mailserver
yg berhak kirim mail utk domain dutaint.com adalah host dutaint.com
[203.130.233.4] atau ip address 203.130.233.6 atau 203.130.233.9.
Jika Anda terima mail yg from addressnya @dutaint.com dan bukan
berasal dari salah satu server diatas artinya sendernya palsu,
tinggal terserah Anda mau diapakan message tsb (delete, reject atau
lainnya).
Rincian arti masing-2x syntax bisa Anda baca disini :
http://www.openspf.org/SPF_Record_Syntax

Sementara untuk generate SPF record, Anda bisa gunakan wizard dari
URL ini : http://www.openspf.org/
tinggal isikan nama domain Anda di kolom Publishing SPF record, lalu
hasilnya berikan ke ISP atau DNS hoster Anda untuk membuatkan SPF
record domain Anda.

Kerumitan dg SPF adalah saat message di forward atau redirect ke
server lain, krn connecting sender host tidak lagi sama dg yg di
publish di DNS. Untuk itu server relay harus mensupport SRS (Sender
Rewriting Scheme) padahal recipient sering tdk tahu persis apakah
servernya support SRS atau tidak.

Contoh : misalkan saja Anda punya MX backup atau front end server
(entah itu smtp firewall atau antispam server atau antivirus
server). Kalau mail diterima dulu oleh server-2x tsb dan server-2x
tsb tdk support SRS maka jangan pernah aktifkan SPF verification di
MDaemon Anda, krn message akan direject oleh MDaemon.

Kalau hanya sekedar MX backup masih mungkin diaktifkan SPF
verification plus whitelist ip address mx backup, tp diluar itu
jangan diaktifkan SPF verification (krn percumah, ngabisin
resources tanpa ada gunanya)
http://www.openspf.org/FAQ/Forwarding

dilanjutkan utk DKIM ....

MDaemon-L Moderators, MDaemon 9.5.5 Beta A under W2K3

Plain_text

Versi Terakhir : MD 9.5.4, LD 2.1.0, WA 3.3.2, MDSP 3.0.4, MDOC 2.1.3

Kirim email ke