milis said the following on 15/12/07 17:31 +07:00:
> Sebelumnya mohon maaf kl masalah ini spy pernah dibahas.

Ya sdh sering, cuma kalau yg nanya orang lain yg umum terjadi member
lain kurang/tidak menyimak :-(

> Mohon pencerahannya Pak mengenai pengaturan bandwidth di server kami.
> Di server kami terinstall MDaemon Server & KWF. Untuk koneksi internet kami
> pake Telkom Speedy Office (384 kbps).

Sesuai namanya ADSL + asynchronous digital subscriber line upload speed
= outbound delivery speed lbh rendah dari download speed = 64 Kbps saja.

> Yang jadi masalah ialah pada saat MDaemon Server melakukan mengiriman email
> besar ke internet, pada saat yang bersamaan terasa sekali koneksi internet
> di LAN menjadi drop banget, bahkan sampai terjadi lost connection. Akan ttp
> ketika MDaemon tdk sedang kirim email koneksi internet di LAN lancar2 saja.
> Kondisi yang kami inginkan adalah : supaya bandwidth yang dipakai Server
> jangan terlalu makan source besar, shg koneksi internet di LAN bisa lancar.

smtp out sessionnya jangan besar-2x, maximum 5 saja dan set always relay
melalui smtp.telkom.net.
Diatur agar mail dg size besar (diatas 2 MB) dikirim stl office hour.

> Saya sdh mengaplikasi "bandwidth limiter" di KWF-nya. Tapi koneksi internet
> juga msh drop banget (jika pada saat yg bersamaan MDaemon sdg ngirim email
> ke internet). Saya ingin melakukan "bandwidth throttling" di MDaemon, cuma
> msh bingung gimana setingan yg ideal utk pengaturan bandwidthnya.

baca disini :
<http://mddoc.dutaint.com/LANDomains1.html>

Versi Terakhir : MD 9.6.3, MDSP 3.0.5, MDOC 2.1.6

Kirim email ke