On 07/16/2012 07:14 AM, Yusi Riando wrote:
> Saat ini saya telah berhasil pindah ke windows server 2008 dari sebelumnya
> di pc win7. Mdaemonnya sdh sy install dan running well tetapi firewallnya
> dalam kondisi  off.
>
> Kalau firewallnya di ON kan mana mdameonnya tidak running dan tidak bisa
> tarik dan kirim email.

Yang dimaksud "tidak running" itu apakah MDaemon service tidak bisa di
start?
Kalau benar maka mungkin ada application conflict, coba periksa ke
windows event viewer ada error apa disana.

> APa masalah open port 3000 ya pak?

Port 3000 itu hanya digunakan oleh Worldclient webmail, sementara untuk
"tarik mail" umumnya pakai POP3 (tcp port 110) atau IMAP (tcp port 143),
sementara "kirim mail" mestinya pakai smtp port (tcp port 25).

Lihat daftar port yang digunakan di MDaemon dari menu berikut

<http://mdaemon.dutaint.co.id/12.5.5/default_domain_and_servers_ports.htm>

jika ingin mengaktifkan firewall maka pastikan tcp/udp port diatas di
open/allow untuk semua services yang akan digunakan oleh MDaemon.

Tcp/Udp port-2x itu prinsipnya configurable (bisa diubah) disesuaikan
dengan kebutuhan, akan tetapi beberapa service adalah mandatory
(internet standard) sehingga sebaiknya tidak diubah misalkan smtp port
25, kalau diubah akan membuat masalah dalam pertukaran data (data
exchange) dengan dunia Internet Mail.

Port lain, yang hanya berkaitan dengan koneksi ke client, boleh saja
diubah asalkan client (user) dikasih tahu port yang disepakati apa; akan
tetapi saya hanya merekomendasikan webmail/webadmin saja yang (kalau
perlu) diubah supaya tidak merepotkan user sendiri karena developer
email client juga menerapkan standard internet mail sebagai default install.

Port webmail bisa diubah menjadi 80 (http port), sementara port webadmin
menjadi 443 (https port) karena port-2x itu praktis tidak pernah diblock
oleh ISP/Corporate yang paling paranoid sekalipun.

<http://www.mail-archive.com/mdaemon-l@dutaint.com//msg25028.html>

MDaemon-L Moderators, running MDaemon 13.0 Beta B

Versi terakhir MD 12.5.6, SP 4.1.4, OC 2.2.9, SG 2.0.7, PP 2.0.0

Kirim email ke