> Semua DNS server di dunia memang tidak bisa resolve nama host itu,
> karena sender host mendasarkan penamaan host menggunakan local DNS
> server mereka, artinya memang host itu untuk keperluan internal mereka
> bukan untuk kirim mail ke internet.

> Apa memang perlu?

Iya pak, email tersebut memang seharusnya kami terima. Seingat saya semenjak
saya melakukan perubahan filtering dengan menggunakan reverse lookup, saya
tidak pernah lagi menerima email konfirmasi dari domain xl.co.id.

XL adalah salahsatu vendor kami. Biasanya jika kami berkorespondensi dengan XL
via email(baik request, complain, dll), dalam hari itu juga pasti dari XL
melakukan konfirmasi balik. Tapi semenjak seminggu ini saya tidak pernah lagi
menerima email dari xl.co.id, dan ketika saya konfirmasi via phone ternyata
dari mereka pernah mengirimkan email kepada saya.

Regard,
Danel K