2013/2/13 Syafril Hermansyah <syaf...@dutaint.co.id>

> Sama saja.

> di
>
> Mungkin baru terkirim ke local mail servernya, belum diteruskan ke final
> receiver domain

apakah yang di maksud  belum di terus kan ke receive domain itu maksud nya
belum sampai ke mail server tujuan

> .
> Minta dia tanya ke pengelola mail servernya, apakah mail dia sudah
> diteruskan ke recipient

kalo sudah sampai ke recipient apakah status nya masih transferred atau
bisa berubah menjadi deliverred

untuk di mail server tujuan (di mail server saya) bagaimana memastikan kalo
email itu sudah sampai, karena saya hanya berpatokan terhadap log smtp in
mail mdaemon

Terima Kasih