On 02/13/2013 01:39 PM, Riswandi wrote:
> apakah yang di maksud  belum di terus kan ke receive domain itu maksud nya
> belum sampai ke mail server tujuan

Ya.

> kalo sudah sampai ke recipient apakah status nya masih transferred atau
> bisa berubah menjadi deliverred

Email itu seperti suratpos, pengirim hanya tahu suratnya terkirim ke
kantorpos (mail server) menjadi tugas kantorpos (mail server yang
mengikuti regulasi internet mail) jika surat/mail tidak bisa dikirimkan
atau atau ada delay.

> untuk di mail server tujuan (di mail server saya) bagaimana memastikan kalo
> email itu sudah sampai, karena saya hanya berpatokan terhadap log smtp in
> mail mdaemon.

Memang hanya itu patokkannya.
Periksa (search) berdasar sender <address> bukan berdasar recipient
<address>, karena kalau mail direject tidak akan ada informasi mengenai
recipient <address> di smtp-in log.
Dan pastikan di menu Log SMTP 'probes' aktif, agar mail yang direject di
level smtp tetap tercatat.

http://mdaemon.dutaint.co.id/13.0/index.html?log_options.htm

MDaemon-L Moderators, running MDaemon 13.0.4 SecurityPlus 4.1.5