From: mdaemon-l@dutaint.com [mailto:mdaemon-l@dutaint.com] On Behalf Of Syafril
Hermansyah
Sent: Monday, March 18, 2013 9:35 PM
To: Milis Komunitas MDaemon Indonesia
Subject: [mdaemon-l] Upgrade Mdaemon dan setting BES

On 03/18/2013 03:46 PM, Hery Purwanto wrote:

> Saat ini perusahaan mempunyai lisensi MDaemon untuk 250 user, saya
> bermaksud mengupgrade Mdaemon ke versi terbaru dan juga di setting untuk BES
> nya.

Lho saya kira sudah selesai upgradenya, bukankah Anda woro-2x sudah sejak awal
Desember 2012 yl, sekarang sudah hampir akhir Maret 2013 :-)

http://www.mail-archive.com/mdaemon-l@dutaint.com/msg26731.html

> Yang ingin saya tanyakan saat ini versi terbaru dari Mdaemon berapa,
> bagaimana cara untuk proses upgrade dan setting BES nanti

Versi terakhir selalu tercantum di footer milis ini MDaemon versi terakhir
13.0.4 BES versi terakhir 2.0.2

Proses upgrade MDaemon bukankah sudah pernah saya sampaikan Desember
2012 yl? Baca lagi ke utas (thread) tautan arsip diatas.
Prinsipnya tinggal jalankan MD 13.0.4 installer saja, ikuti menunya s/d selesai.

> Apakah ada syarat - syarat khusus apabila akan di setting BES?

Kalau MDaemon tidak run dibelakang firewall maka tidak ada yang khusus, hanya
RAM perlu sedikitnya 3 GB (recommended 4 GB), kalau RAM kurang dari 3 GB maka
perlu dilakukan RAM size limit di MS SQL express.
Jika MDaemon run dibelakang firewall, pastikan *outbound* (awas bukan
Inbound) tcp port 3101, 1900, 1999 dan 2000 wajib di allow.

http://www.mail-archive.com/mdaemon-l@dutaint.com/msg20994.html

BES 2.0.0 installer menggunakan MS SQLExpress2005 sementara BES 2.0.1 keatas
menggunakan MS SQLExpress2008 kalau diinstall di OS Win7/W2K8/W2K12.

Cara install tinggal jalankan saja installernya, ikuti menunya s/d selesai,
mestinya akan mulus saja kalau pakai Win7/W2K8/W2K12.
Kalau ada masalah, silakan disampaikan kesini.

Running MDaemon 13.5 Beta B, SP 4.1.5

I hate dying.
        -- Dave Johnson

Versi terakhir MD 13.0.4, SP 4.1.5, BES 2.0.2, OC 2.3.1, SG 2.0.8, PP 2.0.0