On 23/09/15 09:29, Andy Sujoto wrote:
> multi line dengan load balance (satu A/host record untuk multi IP).
>
> Dengan setting MX record yang bapak berikan harusnya line failover tidak ada
> issue lagi ya pak?

Ya  untuk travel user (user yang akses mail dari luar kantor) kalau
sudah dikombinasi dengan perubahan A record.

Berikutnya tinggal masalah masalah firewall/router yang perlu di
allow/open tcp port yang diperlukan.

> ke postmaster account saat line berpindah dari yang satu ke yang lain atau
> check ke firewall/router >status.

> Berarti mesti ada message dari firewall ke admin ya pak?

Firewall modern dilengkapi dengan fasilitas itu.

> Diposisi ISP gak perlu ada keterlibatan lagi kan pak?

Tidak ada.

> benar, mestinya sih line fail over itu bukan masalah besar untuk dijalankan
> dengan baik.
>
> Ada contoh setting untuk difirewall pak?

Saya tidak tahu kalau firewall lain, di Kerio Control Firewall tinggal
masukkan semua internet line kedalam group "link fail over" (Multiple
Internet Links - Failover), sudah langsung diatur sendiri.
Traffic Rulenya juga otomatis mengikuti jika source = Multiple Internet
Links - Failover, dengan perkataan lain tinggal ubah source interface
saja dari yang sudah ada.

http://kb.kerio.com/product/kerio-control/server-configuration-kerio-control/configuring-network-interfaces-1333.html

http://kb.kerio.com/product/kerio-control/security/configuring-traffic-rules-1312.html

MDaemon-L Moderators, MDaemon 15.5-64, SP 4.5.1-64

Competition is the keen cutting edge of business, always shaving away at
costs.
        --- Henry Ford