On 21/12/15 13:19, Arif wrote:

---
Anda ini memang serius bertanya?
Jawaban pertanyaan Anda yang lalu di milis ini sepertinya tidak pernah
dibaca, entah kurang dimengerti atau alasan lain sehingga tidak pernah
dipratekkan.

Sudah beberapa kali saya menyampaikan agar ubah cara posting di milis
ini menggunakan bottom posting, tetapi tidak pernah digubris.
Kalau belum bisa mempraktekkan bottom posting sebaiknya tidak usah
bertanya dulu disini, cukup jadi pengamat saja, nanti kalau sudah bisa
melakukan bottom posting barulah boleh bertanya lagi.

Milis ini adalah milis umum untuk user to user discussion list, bukan
milis support dari distributor, tidak ada kewajiban untuk selalu dijawab.
Bisa cari milis lain kalau memang etika milis ini tidak cocok dengan
keinginan Anda.
---

> Maksud saya kenapa setelah perubahan ip dari static menjadi
> dhcp(client) dan netmas 255.255.0.0 menjadi 255.255.255.0 spam banyak
> yang masuk,

Bukan perubahan IP yang bikin spam jadi banyak masuk, tetapi karena
perubahan di firewall yang membuat spam lebih banyak masuk.
Kalau firewall aktif maka sedikitnya 20% kapasitas bandwidth dipakai
oleh firewall sehingga spammer yang pakai koneksi internet lambat akan
time out, tidak sempat bisa masuk.
Kalau terjadi koneksi time out umumnya spammer tidak kirim ulang (not
retry to send) message yang sama tetapi kirim spam message yang lain,
akan tetapi kalau legitimate sender akan retry to send.

Dengan firewall di non aktifkan (seperti yang Anda lakukan sekarang)
maka probabilitas terjadinya mail time out semakin kecil, sehingga baik
legitimate mail (mail yang dikehendaki) maupun spam mail (mail yang
tidak dikehendaki) lebih lancar masuknya.
Coba amati, bukankah sekarang mail dari rekan korespondensi user Anda
menjadi lebih cepat masuk?

> padahal settingan atau link yang bapak kasih itu sudah
> saya praktekkan dan sebelum perubahan ip static menjadi ip dhcp itu
> sudah tidak ada spam seperti itu pak, itu yang menjadi pertanyaan
> saya.

Di link untuk menseleksi mail yang masuk ada prasyaratnya agar berjalan
benar, y.i. kalau pakai firewall maka harus pakai konfigurasi PAT (Port
Address Translation) bukan NAT (Network Address Translation).
Kalau prasyarat itu tidak dipenuhi maka setting itu tidak akan berjalan.
Bisa diperiksa dari smtp-in log lama, saat firewall masih aktif, berapa
IP yang digunakan oleh sender server; kalau tertera IP asli artinya
sudah pakai PAT tetapi kalau selalu pakai IP firewall artinya pakai NAT.

MDaemon-L Moderators, MDaemon 15.5.3-64, SP 4.5.1-64

Dalam membenarkan orang lain kita mengikuti pendapat dunia, tetapi dalam
membenarkan diri sendiri sering kita mendahului pendapat dunia
        -- Charles Caleb Colton, 1780-1832