On 30/08/16 09:39, Iyak Aja wrote:
> Mohon masukkan nya pak
> Jadi kalau settingan seperti di atas saya terapakan berarti user terima
> email tdk melewati mdaemon tapi langsung dari webmail (dlm hal ini
> mail.megatrukindoutama.com <http://mail.megatrukindoutama.com>). Tetapi
> kalau kirim email pasti melewati Mdaemon.

Pilihan itu artinya dipilih mana yang akan dipakai, tidak semuanya
dilakukan.

> Di tempat kami pak, ada user hanya bisa kirim email local aja (hanya ke
> @megatrukindoutama.com <http://megatrukindoutama.com>), jadi account itu
> tdk bisa kirim keluar (mis nya : ke @gmail.com <http://gmail.com>).

Tinggal diaktifkan Account restriction di akun tersebut.

http://mdaemon.dutaint.co.id/mdaemon/16.0.3/index.html?ae_restrictions.htm

[x] Restrict messages TO outside domains

dan di mail hoster jangan dibuat akunnya, kecuali di mail hoster ada
fasilitas untuk restric account hanya bisa kirim/terima dari sesama
local domain user.

> Kalau benar asumsi saya seperti di atas, bgm settingan agar semua
> aktifitas email melewati Mdaemon.

Lihat pilihan ke-3 dimail yang lalu, dalam hal ini pakai Multipop.

MDaemon-L Moderators, MDaemon 16.5-64 Beta C, SP 5.0.1-64

Hanya dia yang mempunyai keberanian yang sesungguhnya, yangg mampu
menanggung beban dari pengalaman yang seburuk-buruknya yang bisa dialami
manusia dengan sikap bijaksana
        -- william Shakepeare, 1564-1616