> Memangnya ditempat Anda pakai SAS atau SSD disk semua?

SATA

> RAID itu pada prinsipnya untuk melakukan tindakan penyelamatan (Safety)
> agar saat terjadi masalah disk (rusak) menjadi cepat bisa normal kembali
> (recovery).
> Disk SATA relatif lebih cepat rusak dibanding SAS, itu sebabnya
> disarankan pakai RAID5 (yang bisa automatic switch ke spare disk).
> Baca artikel berikut
> http://www.cyberciti.biz/tips/raid5-vs-raid-10-safety-performance.html

iya kami tau hal itu pak, tetapi kalau mengacu kepada requirement
MDaemon sesuai dengan link sebelumnya apakah dengan jumlah user -/+
1800 dengan menggunakan RAID 5 performa mail server akan optimal?
karena pada kenyataannya mail server kami sangat lambat.

> Kalau drive E:\ merupakan NAS drive atau iScsi drive maka proses
> perpindahan itu berkisar 20 - 45 menit.

internal storage

> Lalu sudah dipindah hasilnya compressnya ke NAS/iscsi disk dan di
> ekstrak disana?

kami tidak melakukan proses ekstraksi, karena untuk proses kompresi
saja sudah memakan waktu sekitar 4 hari dan tidak mungkin kami lakukan
karena pasti downtime lebih dari 24 jam.

> [...]
> folder list disimpan di file *.mrk root folder mailbox dan IMAP folder.
> File-2x itu akan otomatis diupdate oleh user saat melakukan perubahan
> pembacaan mail melalui IMAP client atau Webmail.
> Dengan demikian kalau copy and paste message file cukup file *.msg saja
> yang dipindah, hindari copy *.mrk files.
> Robocopy tidak cocok digunakan untuk copy and paste, gunakan file
> synchronization macam fastcopy atau melalui ftp.
> Seperti di mail saya yang lalu, tindakan file sync dilakukan setelah
> sebagian besar message sudah dipindah ke server baru.
> Yakin pakai IMAP di ponsel (MobilePhone)?

sangat yakin pak.