On 29/01/18 15:05, Agus Tarpindo wrote:

> Jika pakai IMAP, berarti untuk 1 tahun saya butuh minimal 175 X 43 GB = 7525
> GB --> jadi minimal harus beli yang 8 TB. Dan harganya lumayan mahal saat
> saya cek dari hasil googling sekitar 4 juta an).

Bukankah 4 juta itu masih lebih murah dibanding harga laptop?
IDR 4 juta dibagi 175 = IDR 22,857 per user per tahun; dibanding biaya beli
laptop yang termurah 4 juta/user (atau 2 juta/user per 2 tahun).

> Dan pada saat hard disk di server sudah penuh, maka saya harus ganti lagi
> dengan hard disk lain. Resikonya user tidak bisa melihat email tahun-tahun
> sebelumnya Karena tersimpan pada hard disk yang lama. User hanya dapat
> melihat email-emial yang lama (tahun-tahun sebelumnya) apabila hard disknya
> saya tambah kapasitasnya atau saya pasang hard disk baru tanpa mematikan hard
> disk lama.

Kalau pakai mail archive tentu bisa direstore mail lama dari archive.
PC sekarang punya banyak USB port, jadi bisa nambah external disk USB yang
diinginkan.
Kalau USB port terbatas, pakai external disk ethernet biayanya dua kali lipat
dibanding USB tetapi masih layak hitungannya ( dibawah IDR 50,000 per user per
tahun).

> Jika ada solusi atau pencerahan lain mohon di share ya Pak, terima kasih
> sebelumnya

Cara menghitung biayanya diperbaiki, hitungnya biaya per user kalau untuk server
karena server itu dipakai bersama.

MDaemon-L Moderators, running MDaemon 17.5.2-64, SP 5.5-64

You have to learn the rules of the game. And then you have to play better than
anyone else.
        --- Albert Einstein