On 2018-06-30 12:38, Agus Tarpindo (agus.tarpi...@os-selnajaya.com) wrote:
> (formula).
> itu lampirkan di mail.
>
> Tapi yang saya bingung baik pengirim ataupun penerima tidak memakai domain
> dari Gmail Pak.

domain jpf.or.id hosting di gmail apps.

https://gsuite.google.com/products/gmail/

gmail apps atau Google suite itu mirip dengan (saingan dari) Office365
nya microsoft.

> Blokiran Gmail apps ini apakah terdapat pada MD saya atau mail server
> penerima Pak ?

Server penerima.

> Apakah ada cara setingan yang bisa di ubah agar bias kirim file tersebut Pak
> ?

Konversi Excel file ke PDF atau ke ReadOnly file hanya bisa dilakukan di
PC client melalui aplikasi MS Office.

Cara lain yang bisa dicoba adalah save as password protect file excel
file atau compress filenya.

http://mdaemon.dutaint.co.id/mdaemon/18.0/index.html?cf_compression.htm

[x] Enable compression of attachments for outbound messages

MDaemon-L Moderators, MDaemon 18.0.2-64

Learning is not child's play; we cannot learn without pain
        --- Aristotle