On 21/08/18 10:53, Suzy Ariyani (s...@ptbmi.com) wrote:
> Di kantor kami sangat susah utk membudayakan manage email utk penggunaan
> software email (Bukan WorldClient)

> Yg sering terjadi adalah:
> 1. Email lama tiba2 hilang semua/sebagian utk OE/Ms.Outlook
> 2. Saat send/receive selalu ditanya user & password utk Windows LiveMail
> 3. Tiba2 tidak bisa terima email utk WIndows LiveMail / Thunderbird
> 4. Email tidak bisa dibaca krn rusak
> 5. Timbul windows yg menyatakan bahwa Wait or Cancel utk Send/Receive
>
> Sering kami harus memindah2kan dan melakukan compact di computer client
> dan sering masalah selesai

Pakai POP3 kah semua email client yang digunakan sehingga compact
message dan memindah2x message menyelesaikan masalah?

> Sudah kami coba arahkan utk cara2 memanage email yg baik dan benar
> Tapi sering kali client meremehkan dan menganggap masalah di atas itu
> adalah masalah SERVER EMAIL (BUKAN masalah manage email client)
>
> Bagaimana cara terbaik utk menyampaikan hal2 semacam ini?
> Apakah memang masalah manage email bukan masalah utama terkait dg error
> di atas?

Mereka (client) tidak tahu bahwa ada beda fungsi kerja antara mail
server dan mail client; dan semua masalah email (apapun) menjadi
tanggung jawab pengelola mail server.

Menurut saya cara terbaik adalah dibuatkan standarisasi:

1. Semua user pakai Webmail atau IMAP client, tidak diperkenankan pakai
POP3.

Hal ini untuk kemudahaan membantu client jika ada masalah; bantuan
langsung dari server

2. Semua user yang pakai IMAP client harus pakai email client yang sama.

Hal ini untuk kemudahan troubleshooting.
Jika ada masalah di email client, gunakan rujukan webmail atau gunakan
webmail untuk sementara.

3. Gunakan cara setting di client (email client atau browser) yang sama
(baku/standard).

Hal ini untuk menciptakan pengalaman belajar dari dari sistem (system
lesson learn) di lingkungan korporasi.

> Karena selama sy menggunakan OE dan Windows LiveMail dan berusaha
> me-manage-nya sejauh ini email2 sy lancar dan aman.

Bagi user OE dan WLM itu mungkin susah atau terlalu kaku, hanya expert
saja yang bisa pakai dan mungkin dianggap sudah kuno banget tidak
mengikuti "jaman now" :-)

Coba dibuat survey kecil-2x an, email client apa yang mereka ingin pakai
dari pilihan email client yang akan menjadi standar perusahaan.
Kalau ada alasan menyertainya tentu lebih baik.

MDaemon-L Moderators, running MDaemon 18.0.2-64 bit

The more that you read, the more things you will know. The more that you
learn, the more places you'll go.
        ---  Dr. Seuss, I Can Read With My Eyes Shut!