On 11/10/22 14:46, nico.sdpm wrote:
 > Oh pakai fake domain (non registered domain).
 > Mestinya pakai registered domain saja (sdpm.co.id) untuk semua akun,
 > karena sudah pakai MDaemon diatas versi 2.7.5.
 > Penggunaan fake domain itu bikin rumit jika perlu melakukan perubahan
 > message flow melalui Mail Process Content Filtering.
Untuk yang x...@cbn.net.id <mailto:x...@cbn.net.id> sudah ada sejak saya bergabung pak
dulu pakai nya Mdaemon v8/9 jika tidak salah

Itukan dulu saat belum punya domain sdpm.co.id di awal tahun 2015 yl.

Jaman sudah berubah, CBN mail hosting sudah pindah ke Rackspace USA sejak tahun 2018 dan MDaemon sekarang sudah versi 22.0.3 yang banyak perubahannya mengantisipasi perubahan regulasi Internet Mail.

Sebaiknya akun di @cbn.net.id di matikan (tidak dipakai lagi) saja, diganti dengan akun di @sdpm.co.id.
Lakukan transisi selama +/- 3 - 6 bulan sbb:

1. Di akun @cbn.net.id diaktifkan autoresponder yang menginformasikan bahwa a...@cbn.net.id diganti ke i...@sdpm.co.id sejak mulai tanggal xxx dan akan tidak lagi dipakai per tanggal yyyy.
Diminta kedepannya untuk selalu hubungi i...@sdpm.co.id saja

2. Di email client yang kirim mail on behalf akun @cbn.net.id di set Reply to : i...@sdmpm.co.id.

Coba di outgoing mail server (SMTP) apakah pakai port 465 (SMTP/SSL)
atau 587 (SMTP/TLS) agar tidak terkena sending limit.
Sudah pak, jika menggunakkan outgoing SMTP : 192.168.1.1, pakai port 25
ini melalui server (MDaemon).

Itu relay lewat MDaemon office.sdpm.co.id bukan lewat smtp CBN hosting.
Akan masuk ke junk/spam folder di recipient seperti sebelumnya.

Saya sempat akali setting dari mailclient (windows live mail)
untuk menggunakan smtp : secure.emailsrvr.com, pakai SSL dan port 465
Dan hasilnya kena ip sending limit.

Kalau pakai smtp port 587 atau 587/TLS (smtp/tls) bagaimana?

Oh ya pak, saya juga pernah mencoba mengganti defaullt smarthost di MDaemon menggunakkan secure.emailsrvr.com, namun email tidak keluar.
Tertahan di remote queue.

Mailnya akan ditolak oleh server secure.emailsrvr.com jika From <address> nya bukan @cbn.net.id. CBN Rackspace itu mirip mail hosting, melakukan allow relay berdasar sender address/domain bukan berdasar IP ownership seperti smarthostnya ISP pada umumnya.

Atau apakah ada konfigurasi lain pak yang perlu saya set?

Tidak ada selama masih pakai MDaemon versi lama (13.x).

Sampai saat ini, asumsi saya adalah supaya email terkirim, yang digunakan
adalah smarthost dan DNS dari provider.

Itu jaman dulu, sebelum regulasi internet mail mengharuskan diaktifkannya SPF atau DKIM sebagai Domain Authentication.

https://proprivacy.com/email/guides/what-is-spf

https://www.dmarcanalyzer.com/DKIM/

Jadi upaya mengatasinya, perlu memakai provider dari CBN, namun CBN dilokasi
masih belum ter-cover

Iya sulit, karena domain cbn.net.id bukan milik Anda sehingga pengaktifan SPF atau DKIM tidak bisa diubah sendiri; hanya pemilik domain yang bisa melakukannya.

--------
Syafril Hermansyah
MDaemon-L Moderators, running MDaemon 22.5.0 Beta RC1

Banyak yang tidak menyadari bahwa untuk bisa menjadi pemimpin yang baik sebenarnya harus pernah membuktikan dirinya pernah menjadi orang yang dipimpin.
        --- Dahlan Iskan