On 12/22/23 11:16, Hengga KMN wrote:
Saran saya diupgrade saja OS nya ke W2K19 keatas agar problem teratasi.
Jika saya install ke new OS, adakah dokumentasi langkah migrasinya yang dapat
saya pelajari dahulu?

Jika h/w diganti:
----------------

- install MDaemon di server baru, boleh ngasal yang penting lokasinya (drive path) harus sama dengan lokasi instalasi MDaemon di server lama. Jika registration key nya ingin pakai trial, maka gunakan MD versi terkini (23.5.1).

https://mdaemon.com/pages/downloads-mdaemon-mail-server-free-trial

- restore backupconfig terakhir dari server lama ke server baru.

Jika h/w tidak diganti:
----------------------

- Ganti mode kerja MDaemon dari run as service ke run as application.

http://mdaemon.dutaint.co.id/mdaemon/23.5/service_settings.html

klik "Remove service".

- Jika MDaemon terinstall di drive c:\ (system drive), maka backup dulu folder c:\mdaemon lengkap dengan subdirectorynya ke drive lain.
Setelah itu install/upgrade OS.
Tetapi jika MDaemon diinstall di drive lain, misalkan drive e:\mdaemon\, maka boleh langsung install OS yang baru menimpa instalasi windows lama (c:\).

- Setelah itu, jalankan MDconfig dengan run d:\mdaemon\app\mdaemon.exe dan ubah mode kerja MDaemon ke service.

Lihat juga ke arsip

https://www.mail-archive.com/mdaemon-l@dutaint.com/msg49994.html

--------
Syafril Hermansyah
MDaemon-L Moderators, running MDaemon 23.5.1

If your actions inspire others to dream more, learn more, do more and become more, you are a leader.
        --- John Quincy Adams