maaf,
jika berkenan, sekedar menyampaikan yang saya tahu saja.

orang-orang sufi, yang mengamalkan ajaran tasawuf itu hanya lah
orang-orang Islam yang ingin mengamalkan ajaran Islam, dari al Qur'an
dan Sunnah Rosul secara mendalam untuk lebih mendekatkan diri kepada
Alloh Ta'ala.

mereka selalu bertanya-tanya, apakah perintah2 dari Alloh Ta'ala itu
hanya untuk jasmani saja? Sholat, puasa, zakat, dan ibadah2 lainnya,
jika sudah dilaksanakan oleh jasmani, apakah sudah cukup? apakah
ketika melakukan kegiatan ibadah  tersebut ruhani nya juga ikut
beribadah? jika tidak, bagaimana agar ruhani juga ikut beribadah?
bukan kah tubuh manusia itu terdiri dari jasmani dan ruhani?

atau mereka juga mereka selalu bertanya-tanya, di Qur'an ada perintah
agar BERDZIKIRLAH SEBANYAK-BANYAKNYA. lalu adakah tuntunannya? berapa
banyak kah 'hitungan sebanyak-banyak' nya itu? dan apa yang di
dzikirkan? apakah tahlil, tahmid, takbir, atau asma'ul husna, atau
cukup hanya sholat saja karena ada yang berpendapat bahwa sholat itu
juga bagian dari dzikir?
atau sebenarnya dzikir yang bagaimana yang dimaksudkan perintah ini?

atau, bagaimana memahami kalimat "Alloh itu lebih dekat dari urat leher".
bagaimana memahami khusyu'?
bagaimana memahami bersaksi dalam syahdat?
dan mungkin masih banyak lagi.

terima kasih,
wassalaammu;alaikum,
si awam