Wa'alaikum salam warahmatullahi wabarakatuh

Bismillahirrahmanirrahim..

Saya tidak begitu ingat apakah di milis ini atau di milis lain, saya pernah
mendapatkan tips untuk membaca posting milis yang banyak.
Tapi tips ini hanya bisa untuk pengguna email client tertentu saja, dalam
hal ini Outlook (MS Outlook atau Outlook Express)

Caranya :
1. Semua postingan dari media-dakwah di filter (menggunakan rules wizard) ke
folder tertentu. Untuk MS Outlook 2003 sepertinya fasilitas ini lebih
dipermudah.
2. Kemudian, backuplah folder tersebut. Import menjadi file *.pst.
3. File tersebut bisa kita bawa pulang ke rumah dan dibuka menggunakan
Outlook yang ada di komputer di rumah.
4. Kalau mau reply, bisa ditulis dulu draftnya, besoknya baru dikirim.

nb:
a) Untuk pengguna email client yang lain (the bat, lotus notes, thunderbird,
dll.) mungkin ada yang mau bagi pengalaman?
b) Untuk pengguna email yahoo.co.uk, yahoo.co.sg, dan gmail, kita dapat
me-retrieve (menarik) email2 yang ada ke dalam Outlook kita. Ini biasanya
digunakan oleh pengguna internet di rumah, tapi untuk keperluan backup, saya
juga melakukan hal tersebut, sehingga message2 yang ada di yahoo.co.uk milik
saya bisa saya backup dan bawa pulang. Untuk settingan outlook dengan
account yahoo.co.uk, insyaAllah saya bisa berbagi ilmunya. Saya belum tahu
apakah yahoo.com bisa ditarik juga menggunakan outlook.

-saya pribadi menggunakan tips di atas, tapi biasanya saya back-up bulanan
atau 2 bulan sekali.-

Untuk masalah reply, sebaiknya hapus dulu bagian yang tidak perlu, terutama
footer.
Jika replied-posting berkali2 dilakukan sehingga semakin panjang, ada
baiknya jika kita menyisakan 1 atau 2 posting terakhir saja, dengan catatan,
jika posting tersebut sangat panjang, kita dapat menghapus beberapa bagian
yang kurang penting.

Wassalamu 'alaikum

Iwal Islamuddin