Sekedar catatan:

1. Teks Al-Mushaf Ustmaniyah saat ini masih tersimpan dengan rapi di
Tashkent [1] dan Istanbul [2].

2. Catatan asli telah dihancurkan dan dibuat standar Mushaf Ustmani
dalam masa Khalifah Ustman ra, yang cara bacanya disesuaikan dengan
dialek Rasululullah saw yaitu Quraisy.

3. Mushaf Ustamani telah melalui proses rekonsiliasi yang dilakukan oleh
umat Islam saat itu, dengan mengacu pada hafalan diluar kepala atas isi
Al-Quran Karim.

4. Hafalan Al-Quran luar kepala di otak umat Islam adalah suatu
keajaiban yang tak tertandingi oleh kaum apapun, di masa manapun. Ini
adalah bentuk utama pemeliharaan Al-Quran Karim, sesuai janji Allah Ta'ala

(sumber: posting MA Suryawan di milis Proletar tahun 2001)

Poin terakhir ini tidak sukar untuk dibuktikan. Para hafidz/ hafidzah
ini terdapat sepanjang masa dan tersebar di seluruh dunia Islam dari
Andalusia, India sampai Cina, lalu menyeberang ke Amerika, sehingga
usaha-usaha pemalsuan Al Qur'an akan segera ketahuan, kapanpun dan di
manapun.

Wassalam, Darwin:

catatan kaki:

[1] Mengenai Al-Mushaf Ustmaniyah yang tersimpan di Tashkent antara lain
dikemukakan pada sebuah artikel berikut fotonyo di harian Republika
beberapa waktu yang lalu. Artikel itu saya copypaste dan saya simpan
dalam file Microsoft Words tetapi tidak ingat nama filenya.

[2] Beberapa waktu yang lalu saya diperlihatkan oleh anak saya buku
Fatwa Ulama Besar Mesir Sech Ali Thantawi, yang merupakan transliterasi
dari acara radionya pada tahun limapuluhan. Menjawab sebuah pertanyaan,
beliau mengemukakan bahwa berdasarkan penjelasan dari Ibnu Katsir,
Mushaf Ustmani yang tertulis di kulit-kulit dengan tulisan besar dan
jelas berada di Thabraya, kemudian dipindahkan ke Damaskus pada awal
abad VI H (800 tahun yang lalu) disimpan di kubah penyimpanan di Masjid
Jami’ Bani Umayah kemudian dipindahkan ke di Museum Thub Qabu Istanbul.

    Re: Dari Situs JIL: Cahaya Harold Bloom

      Posted by: "[EMAIL PROTECTED]" [EMAIL PROTECTED]

<mailto:[EMAIL PROTECTED]:%20Dari%20Situs%20JIL:%20Cahaya%20Harold%20Bloom>

        Wed Jun 28, 2006 5:04 pm (PST)

suerrrr.....
.............bener abiss tuh. kitab suci kita emang keren
banget kok. alah kalo cuman dibandingin ma injil sih kayak sepeda unta ma
GP-500 nya valentino rosii.......jauh mannn.

setelah saya elaborasi matang-matang dan mendalam, al-Qurn memang memiliki
banyak sekali kelebihan, baik dalam segi bahasa maupun substansi.
keistimewaan kitb suci ini bukan hanya dikagumi oleh umat Muslim sja, akan
tetapi oleh orang-orang di luar lingkup Islam ini pula.

di sisi lain, saya menemukan hal-hal baru yang patut kita telaah lebih
intens dalam mengkaji kalam Ilahi ini. setelah membaca beberap tulisan dan
buku, akhirnya saya temukan bahwa al-Quran juga memiliki problem
originality
yang perlu kita cermati. hal ini digambarkan dengan jelas oleh theodor
noldek dalam tarikh al-Quran nya. al-Suyuthi dalam kitab itqonnya juag
menyarikan hal yng sama. ternyata al-Quran juga membutuhkan telah progresif
dalam otentisitasnya. bnyak rumor yang mengatakan bahwa tidak semua yang
termaktub dlam al-Qurn itu adalah murni sepertu yang diterima oleh
Rasulullah dan yang beliau sampaikan ke sahabat-sahabat awal dulu.

Darwin Bahar writes:

> Editorial
> Cahaya Harold Bloom
> Oleh Hamid Basyaib
> 19/06/2006
>
> Injil Ibrani, secara keseluruhan maupun bagian-bagiannya, merupakan teks
> yang sangat sulit dipahami. Injil Yunani (Perjanjian Baru) membingungkan
> dan (ayat-ayatnya) saling bertentangan. Sedangkan Alquran Arab ternyata
> sungguh terbuka dan jernih, sangat konsisten dan benar-benar koheren.
>
> Yang menyatakan hal itu bukan dosen Jurusan Tafsir ataupun dekan
> Fakultas Dakwah UIN. Yang menegaskannya adalah Harold Bloom, profesor
> [...]

See what's inside the new Yahoo! Groups email.
http://us.click.yahoo.com/2pRQfA/bOaOAA/yQLSAA/TXWolB/TM