Waalykumussalam Wr.Wb.
Pak Handriyanto yang dirohmati Alloh,
dari kutipan yang bapak sampaikan, kelihatannya
penulis nya tidak mengimani Isro' Mi'roj yang dialami
Nabi SAW di bulan Rojab ? Bagaimana komentar bapak ?

Tentang tafsir QS Al Maidah ayat 3, bahwa islam sudah
sempurna, tidak hanya difatsiri seperti yang bapak
kutip, namun, bisa ditafsiri juga, karena sempurna,
maka akan selalu sesuai dengan zaman kapan saja, dan
akan menjadi rohmatan lil 'alamiin.
Memang tidak sesederhana kesimpulan diatas, harus
dikaji secara luas dan saling terkait dengan makna dan
pengertian Ibadah itu sendiri, tentang hukum haram -
halal, tentang arti dan batasan bid'ah, dan
sebagainya.
Jika dimaknai secara sempit, harafiyyah, tentu akan
beda kesimpulannya.
Hal ini banyak ulama terdahulu yang telah membahasnya.

Itu semua, biasanya akan terjadi kilafiyyah pada
bagian cabang Islam, bukan pada hal yang Pokok atau
Rukun, maka tidaklah perlu dipertentangkan.
Bukankah hanya hak prerogratif Alloh SWT untuk menilai
amal ibadah seseorang itu ? Apa layak kita mengambil
alih Haq Alloh tersebut dengan menghakimi amal saudara
kita ? Semoga kita tidak termasuk yang demikian,
amiin.

Ada baiknya kita telaah FirmanNYA berikut :

QS Asy Syuuraa, ayat : 15
" Bagi kami amal-amal kami dan bagi kamu amal-amal
kamu. Tidak ada pertengkaran antara kami dan kamu,
Allah mengumpulkan antara kita dan kepada-Nyalah
kembali (kita)"

QS Adz-Dzaariyyat ayat 8 :
"sesungguhnya kamu benar-benar dalam keadaan
berbeda-beda pendapat,"

QS Al Lail ayat 4:
" sesungguhnya usaha kamu memang berbeda-beda."

QS Ar Rum ayat 22 :
" Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah
menciptakan langit dan bumi dan berlain-lainan
bahasamu dan warna kulitmu. Sesungguhnya pada yang
demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi
orang-orang yang mengetahui."

Demikianlah saudaraku, Semoga Alloh mau menolong kita
bersama untuk menetapkan di shiroothol mustaqiimNYA
Dan rohmatNYA selalu dikaruniakan pada kita dan
keluarga kita, amiin.
Subhaanakallohuma Wabihamdika Asyhaduanlaailahaillaa
anta Astaghfiruka wa'atubuilayka.

Wassalamualaykum warohmatullohi wabarokatuhu,

dodi indra

=== message truncated ===

Wasalam,

dodi indras