assalamu'alaikum wr wb

tawasul yg saya ketahui, adalah mendoakan untuk orang lain...

terserah anda, mau mendoakan yg masih hidup ataupun yg udah
meninggal..

setiap kita mendoakan orang lain, insya Allah ada malaikat Allah yg
mendoakan hal yg sama untuk kita, seperti pada hadits berikut:

Diriwayatkan oleh Imam Muslim dari Ummud Darda' ra., bahwasannya
Rasulullah SAW bersabda, " Doa seorang muslim untuk saudaranya yang
dilakukan tanpa sepengetahuan orang yang didoakannya adalah doa yang
akan dikabulkan. Pada kepalanya ada seorang malaikat yang menjadi
wakil baginya, setiap kali dia berdoa untuk saudaranya dengan sebuah
kebaikan, maka malaikat tersebut berkata 'aamiin dan engkaupun
mendapatkan apa yang ia dapatkan'" (Shahih Muslim no. 2733)

Jika tawassul didefinisikan sebagai berdoa dengan memakai
perantara...
menurut saya, definisi tawassul tersebut yang keliru.

wallahu'alam..

wassalam