Ass.Wr.Wb.
Saudaraku yang dirohmati Alloh SWT, berikut hadits-hadits terkait
masalah berdo'a dan adabnya, semoga menambah wawasan kita bersama, dan
Alloh menolong menerima do'a kita , amiin.

1. Adab berdo'a dengan menadahkan tangan ke atas.

Dari Malik bin Yasar RA, berkata : Nabi SAW bersabda : Bila kamu
berdo'a memohon kepada Alloh , maka memohonlah dengan menadahkan
tangan dan jangan dengan punggung tapak tangan atau nyampeng ( tidak
menadahkan tangan dan tidak mengangkat tangan ) . Hadits Rowahu Abu Daud

Dari Sahabat Salman RA berkata : Nabi SAW bersabda : bahwa
sesungguhnya Tuhanmu itu Maha Hidup dan Maha Mulia, Alloh malu
terhadap hambaNYA yang menadahkan tanganya dalam berdo'a kemudian
mengembalikannya dalam keadaan kosong . Hadits Rowahu Imam Arba'ah
selain Imam Nasa'i ( Subulus Salam IV/429)

2. Adab sehabis berdo'a dengan mengusap telapak tangan ke wajah.

Sahabat Umar RA berkata, adalah Rosululloh SAW bila mengangkat kedua
tangannya dalam berdo'a, beliau tidak menurunkannya sebelum menyapu
dengan kedua tangan beliau wajahnya. Hadits Rowahu Tirmidzi ( Kitab Al
Adzkar hal 344, dan Subulus Salam IV / 430)

Dari Abdullah bin Abbas RA, ia berkata : Nabi SAW bersabda : Janganlah
kalian menutupi dinding-dinding (dengan kain) barang siapa melihat
kitab saudaranya tanpa seijinnya, maka sesungguhnya dia melihat dalam
neraka. Mintalah kepada Alloh dengan telapak tangan kalian dan jangan
meminta dengan punggungnya. Jika kalian telah selesai berdo'a, maka
usapkanlah telapak tanganmu ke wajah kalian. HR Abu Dawud dalam
Sunannya II/1485 , dan Imam Baihaqi dalam Al Kubro II/212

Saudaraku yang dirohmati Alloh SWT, masih ada beberapa hadits lagi
seperti hadits-hadits diatas. Hadits tersebut berderajad Hasan ,
seperti disebut oleh Kitab Subulus Salam IV/430 .

Semoga kutipan ini menambah luasnya pemahan kita bersama, dan kita
bias makin mantap dalam berdo'a kepada Alloh SWT, karena do'a ini
merupakan manifestasi kehambaan kita pada Alloh SWT.
 Mohon maaf jika ada kekeliruan, semoga Alloh mengampuni kita semua
dan menetapkan kita di shiroothol mustaqiimNYA, amiin.

Selamat menunaikan Ibadah shoum bulan Romadhon...

Wal'asri innal insaanalafii kusrin, illalladziina amannu
wa'amilush-sholihati watawashoubilhaqqi watawashoubish-shobri.

Wassalamualaykum warohmatullohi wabarokatuhu,

dodi indra

--- In media-dakwah@yahoogroups.com, "Hasbiyanto  " <[EMAIL PROTECTED]>
wrote:

> Adap berdoa No.3.
> Dengan menengadahkan tangan atau tidak katanya sama saja atau
boleh-2 saja.
> Mengusap tangan ke muka setelah selesai berdoa, katanya tidak ada
ajarannya dari Rosululloh SWT.

> Demikian dari saya, mohon maaf apabila tidak berkenan
>
> Wassalam,
> hasbiyanto

> Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Ku-perkenankan bagimu. Sesungguhnya
> orang-orangyang menyombongkan diri dari dari menyembah-Ku akan masuk
> neraka jahannam dalamkeadaan hina dina."(QS,al-Mu`min:60)

> [...]

<*> Your email settings:
    Individual Email | Traditional

<*> To change settings online go to: