Wa'alaikum salam wr wb,
Sesungguhnya pelarangan emas bagi pria itu dikarenakan
larangan bermegah-megahan/pamer kekayaan:
"Bermegah-megahan telah melalaikan kamu" [At
Takatsuur:1]

"Ketahuilah, bahwa sesungguhnya kehidupan dunia ini
hanyalah permainan dan suatu yang melalaikan,
perhiasan dan bermegah- megah antara kamu serta
berbangga-banggaan tentang banyaknya harta dan anak,
seperti hujan yang tanam-tanamannya mengagumkan para
petani; kemudian tanaman itu menjadi kering dan kamu
lihat warnanya kuning kemudian menjadi hancur. Dan di
akhirat (nanti) ada azab yang keras dan ampunan dari
Allah serta keridhaan-Nya. Dan kehidupan dunia ini
tidak lain hanyalah kesenangan yang menipu." [Al
Hadiid:20]

Oleh karena itu sutera juga dilarang bagi pria karena
aurat kaum pria terbatas/tidak tertutup jilbab
sehingga bisa menimbulkan kecemburuan, dsb karena
dapat terlihat jelas.

Oleh karena itu pada dasarnya jika emas dilarang, maka
platina yang harganya 2x lipat dari harga emas juga
haram bagi kaum pria.

Mungkin karena jumlah platina yang lebih terbatas dan
sedikitnya platina dijadikan perhiasan mengakibatkan
larangannya kurang jelas. Tapi 2 ayat di atas yang
melarang bermegah-megahan kiranya sudah cukup dapat
kita pahami.

Wassalam