--- In mediacare@yahoogroups.com, IrwanK <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Seperti yang saya katakan sebelumnya, kita harus jujur bahwa
kadang antara ide dan realita tidak sejalan. Mengatakan 'kita harus
memaafkan' memang terdengar indah/muluk di telinga.. Namun teramat
sulit untuk dijalankan..
> Ini yang saya sering sebut dengan 'sulitnya untuk konsisten'
atau 'klaim dan seolah-olah'.. Sisi manusiawi kita akan sangat sulit
menerimanya..

> Sederhananya gini deh:
> a. Ada yang berprinsip 'hutang nyawa harus dibayar nyawa'..
> b. Ada yang berprinsip 'maafkanlah'..
> c. Ada yang berprinsip 'hukumlah dengan yang setimpal.. namun
apabila kalian(korban/keluarga korban) memaafkan, itu lebih baik
bagi kalian'..

> Kira" yang paling realistis untuk dijalani yang mana ya? :-)
>
> IMHO:
>
> poin a, adalah sisi paling manusiawi (keras/ego).. jujur aja deh..
gak usah sok jaim. sok mulia.. Ini merupakan pola berpikir
yang 'cukup adil'.. :-)
MJ :
Adil kalau membalasnya kepada yang melakukan bukannya kepada
kelompok yang melakukan. Misal si A membunuh anak si B yang masih
kecil. Jangan lalu si B membunuh anak si A yang masih kecil pula.
jadi kalo si B membunuh si A walaupun dengan cara yagn lebih sadis
lagi demi dendamnya, saya setuju dibilang masih manusiawi dalam arti
masih bisa dimengerti.
Tapi kalau dia membalasnya kepada orang lain yang enggak tau apa2
hanya karena dia seagama atau sesuku bangsa, saya tidak bisa
menerima ini sebagai sikap manusiawi.

> poin b, ini sisi paling lembek (egaliter/sosial) dan (sok) mulia..
paling jaim.. seolah manusia itu tidak (boleh) punya perasaan..
seperti malaikat atau robot..
> tidak boleh/ mungkin sakit hati.. Ini merupakan (pemaksaan) agar
termasuk kategori berjiwa besar namun dengan mematikan potensi
dasar/sifat manusiawi seseorang..
------------------------------
MJ :

ini saya juga tidak setuju. tidak adil buat yang sudah meninggal.
apakah yang meninggal itu memang rela memaafkan? tidak ada
seorangpun yang berhak mewakili orang lain walaupun anak kandung
atau orangtua kandung sendiri. Yang salah harus dihukum.
Pembunuhan adalah bukannya delik pengaduan dimana korban atau
keluarga harus melakukan penuntutan dulu. Jadi kasus2 pembunuhan,
negara harus menangkap dan menyidangkannya secara hukum. Pemaafan
dari keluarga tidak boleh mempengaruhi vonis hakim. Itu hanya
penghiburan moral kepada pelaku, dimaksudkan agar pelaku insyaf
perbuatannya salah dan tidak mengulangi lagi dimasa depan.

salam,
MJ

> poin c, merupakan kombinasi dari sisi manusiawi (keras/ego) dan
mulia (lembek/ egaliter/sosial).. Ini menggambarkan suatu pemakluman
atas pola pikir yang cukup adil meskipun terbuka terhadap pola
berpikir (kategori) berjiwa besar..
> Sehingga membuka peluang manusia memasuki kategori yang lebih baik
tanpa mematikan potensi dasarnya..