Gambar dibawah ini terlihat ada  daftar penumpang. Hendaklah Anda menelepon ke
maskapai pelayaran yang bersangkutan untuk menanyakan  apakah sdr Anda turut
kapal tsb, dan apakah termasuk orang hilang atau tidak.

            AP Photo
            CARI KELUARGA: Puluhan keluarga korban tenggelamnya KM Senopati
Nusantara melihat daftar korban yang sudah ditemukan di Pelabuhan Tanjung Mas,
Semarang, Jateng, Minggu (31/12). Sedikitnya 109 orang telah ditemukan dalam
keadaan selamat.

      REMBANG--MIOL: Sebanyak 66 jenazah korban tenggelamnya KM Senopati
Nusantara di perairan Pulau Mandalika, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, Sabtu
(30/12) ditemukan sejumlah nelayan di perairan Rembang, sekitar 80 km timur
Jepara.

      Laporan Antara dari Rembang, Minggu (31/12) menyebutkan hingga kini 66
jenazah itu belum tiba di Pelabuhan Pendaratan Ikan Rembang, karena masih dalam
perjalanan laut. Diperkirakan jenazah para korban itu baru akan tiba sore atau
malam ini.

      Petugas Bagian Operasi Satpolair Polres Rembang Aiptu Pitoyo Adi
mengatakan, mayat-mayat korban KM Senopati tersebut ditemukan dalam kondisi
mengapung oleh nelayan yang sedang melaut.

      "Perahu nelayan itu ada yang membawa dua mayat, ada yang lima mayat,
tergantung daya muat perahu nelayan. Mayat-mayat itu ditemukan di perairan
dengan jarak sekitar 30 mil laut dari Rembang," kata Pitoyo seraya menambahkan
mayat itu ditemukan sejak Sabtu malam hingga Minggu pagi.

      Para nelayan, kata Pitoyo, meminta pemerintah segera mengirimkan kapal
lebih besar, agar bisa mengangkut mayat lebih banyak, karena diperkirakan masih
banyak mayat terapung di perairan Rembang dan sekitarnya.

      "Kami juga meminta ada kiriman kantong pembungkus mayat, karena kami
tidak punya. Kami sampai saat ini masih kebingungan bila jenazah tiba di
Rembang sementara kantong plastik pembungkus mayat belum ada," katanya.

      KM Senopati Nusantara yang membawa sekitar 540 penumpang dan 25 awak,
tenggelam di sekitar perairan Pulau Mandalika, Sabtu dini hari.

      Jumlah korban tewas dalam insiden itu dikhawatirkan terus bertambah,
mengingat hingga saat ini baru 75 penumpang KM Senopati yang dilaporkan
selamat. Hingga sekarang juga belum diketahui titik lokasi tenggelamnya KM
Senopati.

      Ke-75 penumpang KM Senopati yang selamat itu tersebar di sejumlah daerah,
seperti di Sarang, perbatasan Jateng-Jatim sebanyak 18 orang, 40 orang di
Rembang, dan 17 orang di Tuban, Jatim.

      Ombak besar dan tiupan angin kencang Jumat hingga Sabtu dinihari juga
menyebabkan KM Zahroh terhempas, namun sebanyak 18 penumpang kapal ini selamat
dan saat ini dievakuasi di daerah Sarang. Sejumlah perahu nelayan dikabarkan
juga hilang.

      Menurut rencana, Tim SAR gabungan Polri, TNI, dan Kesbanglinmas Rembang
Minggu siang melakukan penyisiran di bibir pantai di wilayah perairan Rembang,
karena ada kemungkinan penumpang KM Senopati terseret arus ke daerah ini.
(Ant/OL-06)