Menurut saya, ada hal yang harus diperhatikan dengan lebih dalam bila ada
saudara kita yang ingin memisahkan diri dari NKRI. Saya bukan mendukung
perpecahan NKRI. Tapi harus diakui, pemerintah NKRI kita ini banyak sekali
penyimpangannya. Aparaturnya banyak yang busuk.
Misalnya di Papua, kemudian banyak yang ingin memisahkan diri, janganlah
kita langsung menghakimi mereka dengan tudingan berkhianat terhadap NKRI.
Cobalah mereka diajak berdialog. Mengapa mereka menginginkan perpisahan
tersebut. Mungkin mereka memang mendapat perlakuan yang sangat tidak baik
selama ini. Mungkin memang mereka terus merasa dirugikan dalam hubungan
berbangsa ini. Sehingga menurut mereka adalah lebih baik bila berpisah.
Dulu (telah cukup lama) beberapa kali saya memposting di milis ini dan juga
milis sebelah (pengamat media) tapi seringkali tidak ada tanggapan, atau
bahkan tidak diapproved moderator. Di sana saya utarakan bahwa masalah Papua
bukan masalah kecil.
Saat muncul permasalahan dimana Australia memberikan visa kepada 42 orang
pelarian dari Papua, Australia pernah berkata bahwa mereka memiliki
bukti-bukti pelanggaran HAM oleh pemerintah RI terhadap masyarakat Papua.
Mungkin bagi banyak pihak, hal itu terdengar seperti gertak sambal. Tapi
saya merasa, bahwa mungkin saja kalau mereka ternyata memang memiliki
bukti-bukti tersebut.
Hingga sekarang, jalur transportasi dari dan ke Papua dengan wilayah lain di
tanah air masih sulit. Bahkan jalur informasi pun susah. Tapi dari
teman-teman saya yang berasal dari sana, saya sering mendengar mereka
bercerita tentang tindakan-tindakan sewenang-wenang dari TNI (Tentara
Indonesia, bukan negara lain) terhadap warga asli.

Jadi menanggapi keingingan kelompok di papua yang ingin memisahkan diri,
saya tidak bisa memihak NKRI saja untuk terus mempertahankan Papua. Saya pun
berharap Papua tetap berada dalam NKRI, tapi bila perlakuan terhadap
masyarakat di sana ternyata memang sebrutal cerita-cerita yang saya dengar,
maka saya rasa memang sudah sewajarnya mereka berjuang untuk memerdekakan
diri mereka.
Karena toh NKRI saat ini pun tidak lebih baik dengan Papua berada di
dalamnya. Maaf, maksudnya bukan Papua tidak memberikan kebaikan buat NKRI,
tapi yang saya maksudkan toh, pemerintah kita tidak bisa mengelola daerah
Papua dengan baik. Malah menjual habis SDA di sana untuk dibayar dengan
ENTAH APA. Karena kalau dibayar duit, toh duitnya gak ada yang kelihatan.

Regards,
Paulus T.

Kirim email ke