> BeachBoy BaliAsli <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
> Bila memang sahih dan sah sehat sebagai yang disampaikan jeng
> Hafsah...ini bisa jadi berita bagus bagi beberapa kalangan wanita
> karir atau wanita yang ASI nya ngga lancar
> Mungkin jeng Hafsah bisa memberikan referensi kedokteran dan
> kesehatan yang sahih sesuai pernyataan anda?

Dalam breast feeding, TIDAK DIKENAL ISTILAH SAHIH DAN SAH !!!!
Yang harus saya tekankan dalam tulisan ini adalah, JANGANLAH
MENGANGGAP BAHWA ASI ITU MERUPAKAN FORMULA TERBAIK, PENDAPAT INI SALAH
DAN MENYESATKAN.

ASI itu berasal dari tubuh ibu, dan kualitas ASI tidak sama antara
ibu2 yang miskin dan ibu2 yang kaya.  Juga kualitas ASI tidak sama
antara ibu2 perokok dan ibu2 bukan perokok.  ASI itu juga berbahaya
apabila sang ibu  mempunyai penyakit2 tertentu yang mengharuskan dia
makan obat.

Terlalu banyak alasan untuk JANGAN TERLALU LAMA MEMBERIKAN ASI KEPADA
BAYI ANDA.  Yang penting anda tahu, bahwa ASI sama sekali tidak lebih
unggul dari susu2 yang dijual diluar, selain isinya memang sudah
merupakan formula yang terbaik, juga aturan meminumkannya juga
diterangkan.  Beda sekali dengan ASI, tak ada seorang dokterpun yang
bisa mengukur kualitas ASI karena masing2 ibu tidak sama.

Cukup yang perlu anda tahu, bahwa pada ibu yang sehat, ASI yang
pertama disedot oleh bayi disebut COLOSTRUM.  Colostrum inilah yang
merupakan ASI yang terbaik yang dimiliki sang ibu hanya beberapa jam
setelah lahir, dan setelah itu sama sekali tidak ada keunggulannya.

Colostrum mengandung protein tinggi dan juga anti-body ibu yang tinggi
yang bisa disedot si bayi dalam memelihara kesehatannya dalam hidup
baru dibumi ini.  Kadar antibody bayi waktu baru lahir sangat tinggi
didalam darahnya karena antibodynya itu berasal dari ibu.  Namun kadar
antibody yang berasal dari ibu ini akan menurun dan hilang sama sekali
pada bulan ke 5.  Pada bulan ke 2, si bayi sudah mulai memproduksi
antibody-nya sendiri, dan pada bulan ke 5 sudah sama sekali tidak
perlu antibody dari ibu.

Pada umumnya, bayi yang baru lahir seringkali sembelit, tidak bisa
berak, Colostrum inilah yang paling baik untuk merangsan usus bayi
mendorong meconium sehingga reflex usus bayi bisa berkembang dengan baik.

Demikianlah, ASI secara normal boleh diberikan hingga 2-3 minggu
sambil secara bertahap diganti dengan susu dari luar.

Pada bayi2 tertentu, bahkan tidak boleh diberi ASI karena tidak tahan
terhadap lactose dari ASI.  Bayi2 seperti ini berkembang sebagai anak
yang menderita lactose intolerance.  Sebabnya justru akibat pemberian ASI.

Itulah sebabnya, sebelum atau selama pemberian ASI sebaiknya anda
berkonsultasi dengan dokter anak kalo ingin mencapai kesehatan yang
maximal.

JADI TIDAK ADA SATUPUN RESEP ASI YANG BISA ANDA KATAKAN SAH ATAU SAHIH
KARENA BERBEDA DARI SATU BAYI KE BAYI LAIN, DAN JUGA BEDA DARI SATU
IBU KE IBU LAIN.

Resep yang bisa diberikan disini hanyalah untuk orang miskin
di-negara2 terkebelakang.  Tidak ada pilihan untuk mereka, dan
diharapkan pemberian ASI hingga anak berusia 2 tahun merupakan pilihan
terbaik dari semua lainnya yang tidak baik karena memang tidak ada
kemampuannya untuk memilih yang baik.

Ny. Muslim binti Muskitawati.

Kirim email ke