Sangat memprihatinkan.. rentetan pemaksaan-pemaksaan yang tidak menghargai
nilai-nilai budaya lokal, tidak menghargai kebanggaan dan keterikatan jiwa
dengan nilai-nilai luhur yang diwariskan para leluhur.
Persis seperti penghilangan aliran Penghayat Kepercayaan Kepada Tuhan YME,
semakin mempersempit kebebasan orang untuk bangga dengan suatu nilai luhur
yang diwariskan bangsa. Masih adakah patriotisme ? kemana perginya ? Lenyap
ditelan masa, karena ketiadaan hubungan jiwa dan kebanggaan terhadap
nilai-nilai luhur bangsa sendiri.

Wassalam.

On 8/27/07, Jhonatan <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

>   Turut prihatin. Imho, bukankah nusantara ini kaya akan berbagai ritual.
> Bukankah kekayaan ritual menjadi ciri khas bangsa Indonesia. Bisa jadi
> masyarakat akan semakin stress karena ekspresi personal, kemerdekaan
> individual yang paling dalam di kekang. Seperti anak muda yang tidak bisa
> mengekspresikan dirinya yang pada akhirnya jatuh dalam narkoba dan kenakalan
> remaja lainnya. Aku mengkuatirkan suatu saat masyarakat ini akan menjadi bom
> waktu.
>  Jhonatan

Kirim email ke