  From: RM Danardono HADINOTO
  To: [EMAIL PROTECTED]
  Sent: Wednesday, September 26, 2007 4:15 PM
  Subject: [nasional-list] Mas Bismo ---> Goenawan Mohamad: "Liberalisme adalah
suatu skandal"

  Mas Bismo: "Saya setuju bahwa Habernas harus kita kaji.
  Anehnya guru yg satu ini nampaknya kurang terkenal di Eropa.
  Saya "berkenalan" setelah bukunya dipakai adik saya saat meraih PhD
  di UI sekait ekologi pada 2005..."

  Yang betul mas.

  Habermas bersama Adorno SANGAT dikenal di Europa. Saya pakai bukunya
  untuk bahan ujian Sosiologi di Universitas Wina pada tahun 1967.
  Habermas telah membentuk generasi politolog dan sosiolog dari
  angkatan 68 (68er Generation). generasi civitas academica saya mas..

  Pada waktu itu skenario di universitas universitas di Eropa barat
  menyala. Muncul tokoh tokoh kiri seperti Daniel Cohn-Bendit dan
  gerakan RAF, Rote Armee Fraktion. Ingat Rudi Dutschke, Ulrike
  Meinhof dan Andreas Baader di Jerman? Polisi gebuk gebukan dengan
  mahasiswa tiap hari. 1967, 1968, 1969, 1970.

  Salam

  Danardono

  --- In [EMAIL PROTECTED], "BDG KUSUMO" <[EMAIL PROTECTED]>
  wrote:

  > Gamang untuk mengkomentari Mas GM, saya pikir liberalisme dalam
  praktiknya
  > yang tidak fanatik bisa saja tercampur dengan metode pemikiran
  Marxian, juga dengan
  > para atribut New Left (ekologi, dll). Juga Eropa, underdogs nya,
  pernah menerima
  > Marxisme, namun yang "menjalar" kemana-mana sudah tercampur dengan
  Leninisme,
  > Stalinisme, Ajaran Ketua Mao, Enver Hoxa (Albania), maaf lupa
  Trotskyisme, dan lain
> [...]
  > analisis Marxis, meski kalau tak salah gerakan sosdem sudah
  meninggalkannya.

  > Memang sangat elok bahwa "Marxisme merayakan dinamika dan
  perubahan", seperti
  > yang ditulis oleh Mas Gun. Namun kita juga bisa tertegun oleh
  temuan Milan Kundera:
  > "... orang itu maunya terus menerus saja mengubah dunia, namun
  toch selalu
  > menjadi antusias saat ia temukan sesuatu yang ternyata tetap tak
  terubah" (dalam
  > sebuah cerpennya tahun 1963 sebelum eksil ke Prancis pasca Prague
  Spring 1968).

  > Saya setuju bahwa Habernas harus kita kaji.
  > Anehnya guru yg satu ini nampaknya kurang terkenal di Eropa.
  Saya "berkenalan"
  > setelah bukunya dipakai adik saya saat meraih PhD di UI sekait
  ekologi pada 2005.
  > Juga sangat setuju agar kita tinggalkan saja cara-cara durch Blut
  und Eisen, dan
  > marilah bangsa kita bangun dengan otak dan hati nurani.
  >
  > Selamat ber Puasa, Mas Gun. Kapan mampir Praha nih?
  > Wassalam, Bismo DG, Praha

  mengenang G30S. Ini saya kutip dari Catatan Pinggir
  bertajuk 'Gestapu' dalam Majalah TEMPO yang terbit pekan ini.
  Silakan Anda nikmati tulisannya:

Kirim email ke