Secara grafis iklan itu sangat jelek, kok user ya mau disodori biro iklan
dengan rancangan desain seperti itu--kalau ini usulan biro iklan, atau kalau
ini usulan user (XL) kok biro iklannya hooh hooh aja, iklan ini gagal karena
pesan yang hendak disampaikan nggak sampai ke konsumen, salam

marthajan04 <[EMAIL PROTECTED]> wrote:          sebetulnya siapa sih yang
paling salah dalam hal iklan2 yang
merendahkan wanita?
saya yang perempuan, lebih condong malah menyalahkan si perempuan itu
sendiri yang jadi modelnya.
sebagai perempuan, seharusnya dia tidak tergiur oleh uang yang
merendahkan perempuan terutama dirinya sendiri.
pihak pengusaha memang dia nyari akal untuk melariskan dagangannya.
pihak lelaki apa urusannya, bukan dia yang direndahkan.
Jadi saya lebih mengharapkan lembaga2 wanita, mulailah usaha
menyadarkan wanita2 entah goblog atau tidak punya harga diri wanita2
model seperti ini. caranya terserah bagaimana bijaknya anda2 saja.

salam,
mj

--- In mediacare@yahoogroups.com, "Daniel H.T." <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Saya lihat iklan tsb masih ada di website XL (www.xl.co.id)
> Ini dia:

XL versi Perempuan Rp 1,-

> [...]
>
> MEDIA WATCH
> Jl.Bangka Raya No 43 ,Jakarta Selatan 12770
> Telp: 021-7192627 Fax:021-7192523
> Email: [EMAIL PROTECTED]
>
> No : 001/E/MW/SK/IX/07
> Lamp : 1 buah foto contoh iklan
> Hal : Surat Keberatan
>
> Jakarta, 26 September 2007
>
> Kepada Yth.
> Pimpinan Perusahaan
> Kartu Seluler XL
> di tempat
>
> Dengan hormat,
> Kami bermaksud menyampaikan surat keberatan kami atas iklan XL
versi perempuan dengan menggunakan kaos bertuliskan Rp 1/detik
> Dari cara mempromosikan iklan tersebut menunjukkan citra yang
melecehkan
> perempuan, karena :
>
> Model yang diperagakan adalah seorang perempuan dewasa berdiri
dan dibagian
> perut serta sekitar payudara bertuliskan Rp 1 / per detik.
>
> Citraan ini sangat merendahkan perempuan, memberi kesan tubuh
perempuan tersebut sama dengan seharga Rp 1 / per detik. Bahwa iklan
ini menunjukkan citraan penjualan seorang perempuan, atau ide dari
bisnis hotline.

> Dengan ini kami sangat keberatan sekali iklan tersebut terus
menerus ditayangkan dan diterbitkan di media-media sampai sekarang
yang dapat dilihat oleh semua orang. Masih banyak iklan XL lain
sebelumnya yang terlihat lebih kreatif tanpa mencitrakan perempuan
seperti itu.

> Negara Indonesia sudah sepakat untuk menghapuskan semua bentuk
diskriminasi terhadap perempuan baik langsung maupun tidak langsung
(UU No. 7 Tahun 1984) salah satunya peran media massa (termasuk
iklan)

> Semoga masukan dari kami ini sangat bermanfaat bagi perusahaan
Anda.
> Kami sangat terbuka untuk berdialog dengan pihak XL mengenai
keberatan kami ini. Agar terjadi pengertian masyarakat dan untuk
selanjutnya silahkan menghubungi Dinda di 08151609391 atau email kami
di [EMAIL PROTECTED] bila tertarik untuk merencanakan pertemuan.
> Media Watch akan terus memantau tayangan televisi yang
memiliki tayangan yang membuat citraan perempuan menjadi negatif.
Tujuannya bukan untuk memberangus media industri, tetapi
memberi 'masukan lebih' segala hal yang berhubungan dengan prinsip
hak asasi manusia. Di negara lain metode ini sudah diterapkan,
diantaranya di Filipina.

Bergabunglah dengan orang-orang yang berwawasan, di bidang Anda di Yahoo!
Answers

Kirim email ke