Secara umum, semakin besar dimensi kipas, semakin pelan dan tidak berisik.
Biasanya penggantian kipas dimensi besar, diikuti dengan penggantian
heatsink yang sesuai dengan dudukan kipas.

Kalau untuk saya sih, pertimbangannya adalah "near silent" alias nyaris
tanpa suara. Saya pakai heatsink Thermaltake segede gajah + kipas 12cm.
Supaya nyaris tanpa suara, kipas ini dilengkapi dengan pengatur kecepatan
putaran secara manual, dan saya set di paling minimum. Jadi sekarang CPU
saya, hampir tidak ada perbedaan suara pada saat on, dibandingkan pada saat
off.

Salam
Albert