Dear bung Albert,

Saya termasuk ga-tek. Ketika empat tahun lalu saya merakit kompi buat anak saya, nggak pernah kepikir masang anti virus. Dan selama itu, kompi saya nggak pernah diganggu virus. Padahal kira-kira 4 jam seminggu kita surfing internet cari-cari berita atau topik pelajaran anak saya.
Beberapa bulan lalu karena tertarik ulasan Antivirus gratisan dari CD majalah komputer, maka kita sepakat install.
Lha... gak sampai satu bulan setelahnya, virus-virus malah berdatangan. Saya juga tahunya setelah bolak-balik ditegur staff IT di kantor karena flashdisk yang saya bawa dari rumah membawa virus (kadang saya bawa kerjaan juga ke rumah). Anak saya juga infect kompi dikelasnya. Saking banyaknya, saya nggak ngingetin, virus apa saja. Tapi yang banyak jenisnya trojan atau spy-ware.
Lagipula saya dan anak saya gak suka juga jalan-jalan ke site gak bener ;-(
Kenapa gitu ya, bung Albert?
Saya malah ngerasa, ibarat memasang penangkal petir... eh..malah petirnya bolak-balik nyamber...

Salam,
Didiet.

Albert Siagian <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
> [...]

Dari jaman dulu, sampai sekarang, dan sampai yang akan datang, jawabannya
akan tetap sama:

Tidak ada anti-virus yang bagus, karena tidak ada satu vendorpun yang mampu
melakukannya.

Virus dapat di minimalisasi dengan berbagai cara, misalnya:
1. Gunakan anti-virus.
2. Update anti-virus setiap hari
3. Update Windows anda (patches)
4. Update aplikasi anda (misalnya patches MS Office)
5. Jangan buka sembarang email dan/atau attachment
6. Jangan install sembarang aplikasi
7. Jangan kunjungi situs-situs yang tidak benar
8. Jangan gunakan user Administrator. Buat user baru yang levelnya "Power
User" atau "Limited", dan gunakan account ini.
9. Gunakan password di Windows.

Salam
Albert