Mbak Anna, the smart mommy (he..he..he..jangan ge-er lho)

Kalau minum susunya sambil bobo gimana ya? Soalnya, sejak usia 10 bulan, Yoelku
(1 th, 2 minggu) sudah ga minum asi. Trus kalau malem (dari jam 20.00 hingga
jam 05.00, dia bisa minum susu 4x @ 160 ml. Minumnya juga sambil bobo, botol
susunya dipegangi sendiri.
Apa harus dibangunin supaya bisa minum pake gelas? Waduh...kalau habis itu dia
ga tidur lagi gimana? Bisa mengurangi jam tidurnya dia dong. Lagian kalau
begadangan terus, mana tahaaan....

Dan, kalau pake gelas, apa susunya bisa sebanyak dengan botol? Misal: biasanya
160 ml ya tetap bisa segitu. Kata teman-teman saya sih, kalau pake gelas, anak
cenderung ga bisa minum sebanyak dengan botol.

But, sebetulnya saya juga pengin sih menyapih Yoel dari botol. Mumpung masih
setahun lebih dikit. Karena DSAnya bilang, anak harus dibiasakan minum pake
gelas. Dan, minum pake botol akan cenderung menimbulkan masalah, a.l. diare,
perkembangan gigi ga bagus. Kalau lagi melek dan selain susu sih, Yoel sudah
mahir minum pake sippy cup atau gelas dengan sedotan (saya pake mag-mag dari
P*g**n).

Ma kasih sebelumnya...

Sari
Ibunya Yoel Kendra (1)

Anna Surti Ariani Teguh Budiman <[EMAIL PROTECTED]> wrote: Ingin ikut campur
dikit, mumpung yang biasanya 'mencampuri' sedang pada bobok :P
 Intinya sebetulnya sih bukan mengganti dot, tapi bikin dia seneng dulu minum
susu pake alat lain (misal gelas dengan sedotan atau sippy cup, gelas yang
ujungnya menyempit). Nanti kalau dia udah seneng minum susu pakai alat lain,
baru deh dotnya diumpetin kek atau dibuang di depan dia.

 Sebetulnya semakin muda anaknya, semakin gampang mengganti dari botol ke
gelas. Semakin ditunggu, semakin susah karena kan udah terbiasa. Dan
sebetulnya, psst, minum dari botol mah udah nggak jaman kalau anaknya udah
lewat dari 1 tahun!

 Yg penting juga adalah konsisten. Kalau kita udah - akhirnya berhasil -
memindahkan minum susu dari botol ke gelas, ya nggak usah lagi pake botol
walaupun anaknya nangis. Inget, nangis itu cuma sedikit masalah protes anak.
Kita tenangkan aja dengan diajak ngobrol atau bernyanyi bareng, nggak usah
terpancing sama tangisnya. Kalau anaknya sedih gimana? Nggak papa, dia akan
segera belajar menenangkan dirinya kembali dengan cepat, dan itu artinya
emosinya berkembang setingkat lebih tinggi. Anaknya trauma? Ya iyalah kalau
terus jadi dipukulin. Tapi kalau dia udah punya peralihan lain (yaitu gelas /
sippy cup), ya tetap tenanglah dunia.

 Jangan lupa pujiannya yang setinggi langit setelah dia mau minum susu pakai
gelas :P
 Waktu Stella kecil, ketika dia mau minum susunya pakai gelas, saya 'umumkan'
ke penjuru dunia, hmmm, cuma ada bapaknya sih, tapi intinya mengumumkan keras2
betapa hebatnya dia sudah minum susu pakai gelas. Dia terlihat bangga sekali
dan jadinya doyan sekali mengulangi itu. Kalau Dani sekarang masih ASI dan di
luar itu nggak pakai susu lain, jadi belum mendapatkan masalah untuk minum susu
pakai alat apa.

 Good luck!

 Nina
 Ibunya si putri cantik Stella (5) dan si jagoan Dani (1)

 2008/1/25, MUKTI SETYOWANI <[EMAIL PROTECTED]>: Dear Parents,
Mo sharing n mohon sarannya ya...
Anak saya Kayla(2th 2bln), sampe saat ini masih 'hoby' n cinta banget sama
dotnya,
 tapi khusus saat minum susu aja,
sedangkan kalo minum yang lain, misal air putih, jus, ato teh,
dia dah bisa n mau minum dari gelas biasa.
Padahal seingat saya, dot gak bagus buat perkembangan gigi.
Saya pengen menyapih Kayla dari dotnya,
 tapi berkali-kali gagal, n saya gak mau maksa,
takutnya dia malah gak mau minum susu sama sekali kalo tanpa dotnya...
Barangkali ada Moms/Dads yang tau cara tepat untuk memisahkan batita dari
dotnya?
Makasih banyak sebelumnya...

Best Regards,
Mamanya Kayla