From: milis-nakita@news.gramedia-majalah.com on behalf of ghozansehat
Sent: Sel 05/02/2008 8:59
To: milis-nakita List Member
Subject: [milis-nakita] masih tentang menyapih batita... {04}

Dear Ibu...

saya coba urun rembug lagi yah.

Selain asinya yg masih keluar, ada rasa lain yg dirasakan ndak ?
Jika masih setetes-setetes relatif masih normal.
Umumnya ibu menyusui yg telah menyapih bayinya masih
meproduksi asi selama 6bl setelah ia berhenti menyusui. Dg catatan asi
tidak dikeluarkan secara rutin dalam periode tertentu. Tapi jika memang
asi yg keluar cukup banyak, mbak dapat berkonsultasi ke dokter.
Dari sharing beberapa ibu yg berhenti menyusui bayinya masih memproduksi ASI
bertahun-tahun setelah ia berhenti menyusui. Padahal asinya gak pernah
dikeluarkan. Produksi asinya tetap banyak jika demikian maka bisa di
tanyakan ke ahlinya agar dievaluasi
kemungkinan adanya galactorrhea(silakan bisa di googling), yaitu suatu
kondisi medis akibat adanya
masalah di hormon prolaktin.Namun sekali lagi ini relatif minim terjadi.

Logika saya sih Ibu, 2 hormon penghasil ASI prolaktin dan oksitosin.
nah si oksitosin/ hormon pemalu ini sedikit banyak berpengaruh terhadap
proses pembentukan ASI.
coba mindsetnya dirubah ibu.......ASInya tinggal sedikit......ntar biasanya
secera tidak langsung ngikut.

suka denger kan ibu2 sharing kok ASI saya sedikit yah?
nah salah satu pemicunya adalah si oksitosin ini.

Just info...
Tidak ada yang perlu di khawatirkan kalau masih menyusui dan hamil lagi.
Teman isteri saya bahkan sampai sekarang anak keduanya lahir, akhirnya
tandem breastfeeding...dan alhamdulillah ok2 saja.

Yang penting pahami betul2 prosesnya dan tentu semua harus
mendukung....bukan hanya kompromi dari ibu dan anak...tapi juga dukungan
suami sangat diperlukan agar
proses menyapih tidak ternodai.......

Karena apa.......ritual menyapih buat saya bukan cuma sekedar melepaskan
kebiasaan nete...atau nenen saja......
banyak sekali hikmah yang bisa diambil dari situ....bonding....loving juga
caring

so lakukan dengan slow weaning...

semoga sukses.

salam ASI,