> kalau
> nggak
> kontrak
>
> Tempat saya juga ikut kontrak service salah satu aplikasi database
> yang
> cukup besar, tetapi kalau ada masalah juga tidak bisa langsung solve,
> paling yang ditanyain punya backup nggak ??

        Betul Sekali Bung Poer,

        Ini sebenarnya hal yg aneh, alasan yg selalu muncul adalah siapa
yg bertanggung jawab terhadap support/service tapi kalo ada serangan
virus dan kehilangan data-data kenapa nggak ada yg berpikir untuk
meminta pertanggung jawaban pembuat OS? mustinya kan yg bertanggung
jawab yg bikin OS tersebut karena membuat sebuah sistem yang penuh
dengan celah-celah sekuriti yang dapat di tembus.
        Dari pengalaman selama ini yang namanya support (terutama yg
berpengalaman kerja di luar P. Jawa) itu orang-orang IT-nya sendiri yg
provide. Karena kalo mengharapkan vendor bisa-bisa nggak ada yg jalan
tuh sistem.

> aplikasi

        Alasan klasik juga, seberapa banyak aplikasi yg anda butuh? di
SuSE Linux 6.2 disertakan 1300 aplikasi..

> syspro dari

        Untuk maintain komputer berjumlah puluhan saja. sekali melakukan
upgrade anti virus, tingkat kerepotan yang di timbulkan sudah
menjengkelkan, mana anti virus tersebut hampir tiap 1-2 minggu sekali
di-update.  Bisa di bayangkan kalo merawat sejumlah ratusan komputer?
Kadang-kadang kesel sendiri barusan selesai update komputer yang
terakhir masuk lagi e-mail bilangin kalo kita harus update lagi demi
menghindari virus ini..itu...yang sangat ganas.....dll..sbb-nya

> 333.
>
> Emang kalau bugdet no-limit sich nggak masalah, tapi kalau
> dipikir-pikir
> berapa duit kita yang pergi "keluar" cuma untuk beli software.

        Coba hitung kerugian kita kalo kehilangan data-data karena
virus...he..he..he..

        Irwin