On Tue, 16 Nov 1999, Suwarna (MSC Jakarta) wrote:

> Dear friend,
>
> Sekarang server memakai NT server 4.0 dan Workstationnya Windowzzz
> semua.  Ini dipake buat Exchange Server dan Proxy Server.  Yang saya
> mau tanya adalah :
>     - apakah tidak ada masalah jika "hanya" server saja yang memakai
> Linux menggantikan NT sedangkan WS nya masih memakai Windowz semua ?

Linux saya buat server, sementara ws-nya sebagian besar windows, linuxnya
cuma beberapa aja yang make (pelan-pelan gantinya).
Awalnya juga saya pake NT, kalau cuma buat LAN nggak masalah, cuma kalau
jaringannya udah luas, buat WAN agak masalah dengan speed, belum lagi
kalau setiap cabang pengen punya mailserver sendiri, berapa lagi biaya
yang harus dikeluarkan ??.

>     - kombinasi apa saja yang harus saya install di server untuk dapat
> menggantikan semua fungsi server sekarang ini (File Sharing , Exchange
> Server , Proxy Server).

Standard distribusi Slackware ataupun RedHat yang baru udah ada semua
paket yang anda butuhkan, seperti yang saya gunakan :

- Samba, sendmail+procmail+pop3+imap, squid dan ip masq (yang terakhir
khusus buat ws tertentu).

>     -. Bagaimana dengan distribusi user accountnya dan passwordnya
> untuk WS windowz ?

Dengan samba sudah bisa buat domain logon, saran saya kalau mau ganti
bertahap aja, jadi NTnya jangan langsung dicabut, dibangun dulu server
linuxnya, paling gampang buat proxy dulu, baru mailservernya.
Kalau nggak salah exchange harus ada software tambahan khan buat bisa
konek ke-internet ?, kalau saya waktu itu sebelum masuk ke-internet
dilewatin linux dulu, terus secara bertahap usernya saya pindah ke linux
semua, agak berat awalnya, tapi setelah jalan malah jarang ada kerjaan,
paling brwosing aja cari informasi-informasi mengenai program yang saya
pake, siapa tahu ada updatenya.
Mungkin yang bakal jadi masalah adalah Global Address Book, tapi bisa
diatasi dengan ldap, syaratnya email clientnya harus support ldap.
Apalagi sekarang sendmail sudah support ldap, tambah enak dech, nantinya
create user untuk email cukup di level ldap, tidak perlu di linux user.

regards

Si-Poer