> I Made w.>Acara dimulai jam 9.00 saya dan istri serta Eka (sobat kecil saya) sudah
> I Made w.>melaju ke Paderborn sejak jam 4.30 dengan naik kereta.  Sampai di rumah
> I Made w.>mbah dukun@nakula, hidangan telah tersedia dan makan malam dulu.  Di sana
> I Made w.>telah menunggu Abe (biologiwan dosen Undip yang juga Linuxer), Kang Dadan
> I Made w.>(dosen IPB urusan hama serangga pemelihara Linux di notebook-nya, cak Rubi
> I Made w.>(dosen ITS yang juga mulai menyentuh Linux), bli Made (sebentar lagi
> I Made w.>penyandang gelar Doktor Mesin dari ITS), dan satu lagi Putu (dosen IKIP
> [...]

Ikut nimbrung deh...
Saya juga kebetulan dateng ke acara itu ... (abis pas banget di bawah
ruang kerja saya di HNI..kalo ngga dateng kelewatan juga)
Nah mungkin saya yang termasuk orang yang baru kenal Linux (sebagian
karena tuntutan keadaan he..he... ) dan baru juga lihat bukti nyata
perbandingan sepintas reliabilitas OS.

Acara Computer Club Nacht itu kebetulan banyak sekali menyuguhkan proyek
mahasiswa kampus (sayangnya dari HCI, tahun ini lagi ngga ikutan
nyumbang proyek tuh :-( ). Sebagian dari proyek kampus emang masih base on
NT, tapi sebagian udah mulai pake Linux,.....
Nah saya perhatikan di antara proyek mahasiswa yang kerjanya base on NT
pada nyiapin cadangan Video dan monitor besar yang memperagakan karya
mereka (misal Robot) ... tentunya dalam video ini si Robot bekerja dengan
baik dan sempurna. Lalu ada banyak stand yang isinya kompetisi misal :
sepak bola antar robot atau adu cepat masukin kubus (tentunya robot
dong... kalau orang ntar kaya acara 17-an deh...he..hee) yang sangat
tergantung pada performa program yang jalan di OS. Dan ternyata mereka
jalanin program base on Linux.....
Dan saya lihat sendiri kenapa beberapa demo butuh rekaman video ? Karena
emang kalo lagi hangky pangky tuh OS.... tengsin banget lho... bayangkan
yang nonton kan banyak banget tau-tau tuh robot mandeg ngga mo jalan
karena komputer yang meng opearasikan si Robot lagi pusing he..he..
Jadi reliabilitas OS bisa di bantu dengan backup rekaman video yang
nunjukin si program running well he..he...he.. :-)
Itu sekilas cerita tambahan dari malam CCN di PB tahun ini...

Tapi ada banyak hal yang patut dicontoh dari acara itu :
- mahasiswa harus rajin buat proyek yang menghasilkan baik proyek
sederhana atau pun mega proyek
- dunia industri mbok ya jalan ke kampus, lihat proyeknya mahasiswa
- dunia industri mbok ya kasih tau ke khalayak umum .... apa sih maunya ?
SDM seperti apa yang dibutuhkan ? Jadi buat bursa kerja dan sekalian buat
acara model CCN yang tidak semata-mata promosi produk, tapi juga informasi
kerja.
- Halo orang kaya dan berduit di Indo, ada ngga yang mo buat museum
science yang interaktif dan selalu up to date ngerekam perkembangan
science ??? Bagus lho ! Bisa disewain kok buat bikin acara
model gini...he..he...

Cheers,

Anthi