On Fri, 17 Mar 2000, you wrote:
> On Thu, 16 Mar 2000, Ical wrote:

> Gimana kalau ambil salah satu program Open Source.. terus dibahas..
> (memberi komentar di source codenya...)
> Setelah itu tambahkan fungsi dari program tersebut dengan kemampuan
> tambahan (ini bisa cuma fungsi kecil, terjemahan, dll)

Well...
Barusan saya buka-buka code-nya wget-1.5.3.tgz dan langsung ketemu problem :
1. File-file terlalu banyak, so saya ga tau mulai dari mana bacanya. Saya
udah baca README-nya, dan ga begitu membantu. Ga nangkep logikanya. 8-|
2. Dalam source-nya itu banyak kode-kode yang saya belom tau artinya, so saya
harus dari belajar lagi doong. Emang sih, kayaknya  pake C, tapiii....
kayaknya ribet amat. Saya bukannya takut untuk belajar lagi, tapi ini masalah
waktu, cukup apa enggak buat belajar+nulis hasil studi+ngerancang
fitur baru+terjemahin comment-nya sipenulis ke indo+...
3. Open Source (dalam hal ini wget) kayaknya platform independent. Asal ada
compiler C dan lib-nya, bisa diinstall dan "work properly". Nah musti mulai
studi ke platform laen dong.
4. Dalam script instalasi, ada command yang dipake yang kayaknya harus ikut
saya "bedah". Kalo satu atau dua sih cuek, tapi... sed, bash, make,
m4,  gcc dan lagi kalo lain platform. Maklum yaaa, baru kira-kira 5 bln lepas
tirani MS masih nyisa pola pikir "sempit" ttg platform laen. ^_^

> Nah dengan cara ini :
> - Fokus
> - Cepat selesai
> - Menunjukkan secara langsung bagaimana potentialnya Open Source
> - Hasilnya berguna buat orang..

Yah, sampai saat ini baru wget aja yang saya liat-liat dan... tatuuuttt :-|
Apa ada saran aplikasi yang lebih "gampang" ;-) ? Atau saran "Starting Point"
yang laen ?

Thanks for trying :-)
--
E. Faisal ~...mo liat blackbox punya achhh...!