>Lho xml dan ccvs itu "barang" yang nggak bisa dibandingin... xml itu
>adalah model "dokumen":. (istilahnya structured document untuk menerangkan
>content dan format).

>Sedangkan cvs itu khan sistem untuk penyimpanan data dg "versioning"
>(store and retrieval).

maksud saya, untuk keperluan "pertukaran data" bukankah cvs lebih hemat ?
tinggal di-parsing berdasarkan kolom aja.  dengan ukuran lebih kecil,
transfer data akan lebih cepat.

xml kelihatannya lebih manusiawi, tapi "tetelan"-nya itu loh ...

dari segi "parsing" (maaf kalau istilahnya salah), xml toh harus tetap
didefinisikan juga (xsl) ... cuma bedanya, csv dilakukan di server
(php,perl,dll) sdangkan xml di client (?) ... cmiiw

kesimpulan saya sih, xml lebih "berat" namun kelihatannya lebih "open" ...
dibanding csv yang lebih mungil tapi rumus parsing-nya "propretiary".

adicom ~;)