Hello Helios,

Wednesday, April 18, 2001, 5:05:17 PM, you wrote:

HW> Oya kalo boleh saya pingin juga bertanya, bisakah terjadi pembatasan
HW> bandwidth melalui router ? misalkan bandwidth sebenarnya 128K tapi karena
HW> suatu hal tertentu utk sementara dibatasi lewat setting router hanya
HW> menjadi 64K saja.

bisa.
kalau di cisco bisa dikonfig sewaktu anda menconfig interface yang
digunakan untuk keluar dari network anda. misalnya serial ya
setelah interface serial0
    ip address xxx.xxx.xx.xx net-mask-add-ress
    bandwidth xxx (dalam kilobytes)

Kalau routernya linux sebelumnya di kernelnya mesti support Traffic
Shaper dan harus dalam modules.
jadi ntar traffic dari katakanlah eth0 dilewatin shaper0 sebagai
interface fake yang berfungsi untuk men-shaper traffic.
atau bisa juga pake external program kalo gak salah namanya "rshaper"
(default dari linux ngasih "shaper")

HW> Jika hal tsb dimungkinkan, perintah apa yg bisa digunakan utk melihat
HW> kapasitas bandwidth yg diset utk router tsb?

sama show config :) kalau di cisco
btw kalau yang support load balancing mungkin beda lagi confignya
tidak spt diatas tadi.

HW> Salam dan terima kasih lagi,

---
Akbar