On Wed, 18 Apr 2001, Mochammad Akbar Marwan wrote:

> bisa.
> kalau di cisco bisa dikonfig sewaktu anda menconfig interface yang
> digunakan untuk keluar dari network anda. misalnya serial ya
> setelah interface serial0
>     ip address xxx.xxx.xx.xx net-mask-add-ress
>     bandwidth xxx (dalam kilobytes)

Ati-ati untuk ngatur bandwidht secara ini, sebab kita harus tahu apakah
dia "traffic shaping" atau "Traffic dropping".  Bila pakai traffic
dropping maka bisa-bisa situasi makin buruk (secara overall). yang lebih
baik adalah pakai traffic shaping.

> interface fake yang berfungsi untuk men-shaper traffic.
> atau bisa juga pake external program kalo gak salah namanya "rshaper"
> (default dari linux ngasih "shaper")

Lihat dipage saya banyak linknya.  Saat ini rata-rata test bed untuk
support QoS (misal IntServ, DiffServ, dibuat di atas Linux, baru setelah
selesai terus diimplementasi di router lainnnya).

> sama show config :) kalau di cisco
> btw kalau yang support load balancing mungkin beda lagi confignya
> tidak spt diatas tadi.

Untuk mengukur ada 2 pendekatan

1. Dia denger dan diukur (pakai mekanisme tcpdump)
2. Dari gateway yg keluar