At 04:30 PM 4/24/2001, you wrote:

>Waduh jahat amat yah :-) orang minta 128 koq di potong :-) <becanda)
>AFAIK, di cisco router dengan IOS versi tertentu sudah menyediakan
>traffic-shape.

Kayaknya di Cisco router traffic chaping nggak bisa dilakukan dua arah deh,
akan jadi ribet konfigurasinya dan malah kalo salah konfigurasi jadi mampet :P
Kalo mo simpel coba aja software traffic shaping diinstall di Linux/FreeBSD
seperti altq, ip_relay dsb. Itu bisa dikonfigurasi maksimal bandwidth
sekian bps dengan burstable ke sekian bps.
Tapi kalo duitnya seabrek dan mau bisa di-manage via web, boleh tengok2
produknya Packeteer atau Sitara.

Salam,

Agung Kus Sugiharto
"Just an ordinary newbie..."